Decy Ramona, wanita desainer di balik kesuksesan Tyramona

Desainer Tyramona, Decy Ramona (tengah) bersama Kepala Dinas Pariwisata Makassar, Rusmayani Madjid.

Terkini.id, Makassar – Kesuksesan sebuah brand fashion hingga dikenal di berbagai negara, tentu tidak terlepas dari tangan sang desainernya. Tak terkecuali Tyramona, sebuah brand fashion dari Toraja.

Pada pameran fashion terbesar di Indonesia Timur, yakni The Internasional Women’s Exhibition (FEMME) & Celebes Beauty Fashion Week (CBFW) 2018 Tyramona menjadi salah satu dari berbagai brand kenamaan yang hadir.

Desainer Decy Ramone bersama Rusmayani Madjid dan model yang memeragakan hasil desainnya

Tyramone mengusung konsep yang sangat bervariasi. Ada yang bernuansa lokal, ada yang nasional, hingga internasional.

Namun Tyramone berbeda, karena mengusung konsep lokal namun dengan kelas internasional. Produk-produk fashion Tyramona hadir dengan koleksi-koleksi bercorak budaya lokal Bugis, Makassar, dan juga Toraja.

Outfit yang dikenakan model Tyramone, pada event FEMME 2018

Brand Tyramona sendiri lahir pada tahun 2015. Sebelumnya masih menggunakan nama Tyramo Desto sejak tahun 2011.

Selama 5 tahun, desainer Tyramona, Decy Ramona berusaha mencari kiblat dari desainnya sendiri dan akhirnya menciptakan brand sendiri di tahun 2015.

Konsep yang menjadi ciri khas Tyramona adalah Ethnic. Desi mengungkapkan bahwa, sejak awal dia mengangkat Sulawesi Selatan. “Awalnya Makassar, kemudian Toraja, Bugis, Mandar,” ungkap Decy saat ditemui terkini.id.

Untuk motifnya sendiri, Decy mengatakan bahwa dia banyak terinspirasi dari destinasi wisata di Sulselseperti Bantimurung dengan kupu-kupunya, Balla Rate, Lontara, Barre Allo, Tongkonan, dan Pa’Tedong. Motif-motif inilah yang dikolaborasikan Decy sehingga mampu menjual di luar.

Dari segi bahan, Decy memilih yang berkualitas, seperti misalnya sutra, tissue, organdi, duches, dan baloteli. Sebab kualitas juga menjadi hal terpenting yang harus dimiliki Tyramona.

Dalam proses pembuatannya sendiri, menggunakan print digital. “Meski begitu, kita tidak pernah meninggalkan sisi tradisonalnya yang merupakan ciri khas dari Tyramona sendiri,” ungkap Decy.

Decy mengatakan bahwa corak Sulawesi Selatan utamanya Toraja sangat mudah diangkat di luar negeri. Untuk dalam negeri pun mudah, sebab kebanyakan orang Indonesia menyukai yang tradisional.

Hal tersebut terbukti, hanya dengan waktu 3 tahun sejak brand Tyramona ini lahir, sudah mampu menembus pasar Internasional seperti Amerika Serikat, Perancis, Spanyol dan juga Dubai yang merupakan pusat Fashion Dunia.

Selain untuk wanita, Tyramona juga memiliki koleksi untuk pria yang diberi nama Gammarace, dan juga anak-anak yang diberi nama Dahlia.

Saat ditanya mengenai bakat desainer yang dimilikinya, wanita kelahiran Makassar ini mengatakan bahwa sejak kecil Ia memang telah suka menggambar. “Saya menggambar di tembok, di keramik ataupun di gelas menggunakan cat acrilyc,” ucapnya.

Tyramona sendiri kini telah memiliki butik dibeberapa lokasi, termasuk Toraja dan Jakarta, di Makassar akan ada inovasi baru dengan tambahan fitur seperti home dekor dan juga coffee shop, sementara di luar negeri juga sudah ada yakni di Barcelona dan juga Paris.

Decy mengaku bahwa brand Tyramona mudah diterima di pasar luar negeri karena memang memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan brand lain, selain itu koleksi Tyramona tidaklah monoton, namun lebih sederhana tetapi sangat elegan jika dikenakan.

Ingin tahu lebih lengkap seputar produk fashion Tyramona bisa dilihat di akun Instagram @tyramona.indonesia, Website www.tyramona.com, nomor kontak Hp 0838-0866-0474.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Sosok

Ini Sosok Nur Nanda, PR Baru Claro Hotel Makassar

Terkini.id,Makassar – Sambil menantikan waktu wisudanya di kampus Politeknik Pariwisata Makassar, Nur Ananda memilih bekerja di dunia perhotelan. Kini dirinya diterima sebagai Publik Relation
Sosok

Pejuang Disabilitas dari Desa Borisallo

Terkini.id - Pada dialog multipihak gerakan sosial bagi disabilitas di Desa Borisallo, Rabu 21 Agustus 2019, yang dilaksanakan YASMIB Sulawesi bersama Pemerintah Desa Borisallo,
Bisnis

Cicil Beri Solusi Masalah Keuangan Khusus Mahasiswa

Terkini.id, Makassar – Perusahaan teknologi finansial CICIL menawarkan solusi pinjaman khusus mahasiswa. Memberikan akses kemudahan pembiayaan bagi mahasiswa.“Mulai dari kebutuhan peralatan penunjang kuliah seperti