Demi Keamanan Mudik, Dinkes Bantaeng Gelar Pemeriksaan Kesehatan ke Sopir Angkot

dinkes bantaeng
Demi Keamanan Mudik, Dinkes Bantaeng Gelar Pemeriksaan Kesehatan ke Sopir Angkot

Terkini.id, Bantaeng – Demi memastikan pelayanan mudik yang aman dan menyenangkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng bekerjasama dengan Polres dan Dinas Perhubungan Bantaeng menggelar kegiatan Deteksi Dini Faktor Risiko Kecelakaan dan Cedera (GAKCE) kepada para sopir angkutan kota.

Kegiatan ini dilakukan di Gedung Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantaeng.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr Armansyah mengatakan, bahwa kegiatan tersebut terbagi dalam dua tahap pada tanggal 13 Juni 2018 (arus mudik) dan 19 Juni 2018 (arus balik).

“Dengan hadirnya kegiatan pemeriksaan ini, diharapkan akan mampu mengurangi faktor risiko penyebab terjadinya kecelakaan dan cedera di jalan raya selama arus mudik dan balik tahun 2018,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Bantaeng pimpin langsung memberhentikan kendaraan

Pada kegiatan itu, Kasat Lantas Polres Bantaeng, AKP Jaka Santosa, memimpin langsung untuk menghentikan kendaraan umum dan mengarahkan para sopir angkutan kota dalam menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan.

Ada sebanyak 60 sopir angkutan kota yang menjalani serangkaian tes, diantaranya pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah dan kolesterol, pemeriksaan narkoba (Amfetamine, Morfine, Ganja) dan pemeriksaan alkohol.

Baca :Calon kepala daerah tebar senyum di tes kesehatan

Dari hasil pemeriksaan , dinyatakan para sopir itu negatif pada semua sampel urine sopir yang dilakukan uji narkoba.