Makassar Terkini
Masuk

Demi Konten, Rombongan Moge Terobos Istana Hingga Ditendang Paspampres, Warganet: Harusnya Ditembak Aja

Terkini.id, Jakarta – Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) dikabarkan menendang salah satu oknum dari rombongan moge (motor gede).

Peristiwa ini kemudian menjadi viral karena diunggah oleh warganet yakni @adityawisnu yang memperlihatkan anggota Paspampres menendang salah satu bagian dari rombongan tersebut.

Dalam video tersebut, terlihat pengendara tersebut jatuh tersungkur kearah dekat trotoar akibat tendangan dari Paspampres.

Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres), Mayjen TNI Agus Subiyanto akhirnya angkat bicara mengenai peristiwa ini.

Ia mengatakan bahwa kejadiannya sekitar pukul 06.00 WIB, dan anggotanya terpaksa melumpuhkan para pengendara moge yang melintas di Jalan Veteran III.

“Anggota Paspampres yang sedang melaksanakan tugas pengamanan instalasi di Kantor Wapres terpaksa melumpuhkan pengendara/komunitas motor saat sedang melaksanakan Sunmori. Karena, mereka memaksa menerobos Jalan Veteran III yang ditutup oleh pembatas jalan (cone),” jelas Agus, dikutip dari IDN Times, Jum’at 26 Februari lalu.

Rombongan tersebut dianggap bahwa karena sudah memasuki Jalan Veteran III merupakan Ring 1 instalasi VVIP. 

Sehingga, sudah sepatutnya Paspampres untuk mengamankan segala ancaman di sekitar jalur Istana Kepresidenan.

“Pengendara motor terpaksa harus dilumpuhkan oleh anggota Paspampres karena penerobosan tersebut merupakan tindakan pelanggaran batas Ring 1 dengan menggunakan alat berupa sepeda motor,” ujar Agus.

“Hal ini tertuang dalam buku petunjuk teknis Pam Instalasi VVIP yang disahkan oleh Keputusan Panglima TNI Tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 59 Tahun 2013 tentang Pam VVIP,” lanjutnya.

Tindakan dari anggota Paspampres itu merupakan bentuk kewaspadaan dalam melaksanakan tugas terhadap segala bentuk ancaman terhadap instalasi VVIP. Menurutnya, tendangan yang dilakukan anggota itu adalah cara Paspampres melumpuhkan jika ada ancaman.

Menanggapi hal ini, banyak warganet yang mengapresiasi kinerja Paspampres tersebut.

Seperti akun @stsyafriadi yang menuliskan bahwa tindakan Paspampres sudah benar dan harusnya oknum kena ganjaran yang lebuh.

“Paspampres mantap, harus jaga Presiden , kalau nanti kecolongan bubarkan saja Paspampres, syukur Paspampres menendang , harusnya lebih dari pada itu,” tulis akun tersebut.

“Rombongan pengendara moge kalau dijalan kebanyakan ugal-ugalan, jalan seolah-olah miliknya sendiri,” sambung akun ini.

Tak hanya itu, akun @rasyidle mengomentari hal yang sama. 

“Itu pengendara moge yang nerobos ring 1 untung cuma ditendang sama paspampres, masi baik cuma ditendang, maunya sih ditembak aja sekalian,” tulis akun ini.

Dikabarkan rombongan moge ini akan telah mendapat panggilan dari polisi dan akan ditelusuri lebih jauh pada Senin, 1 Maret 2021.