Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Bone dan Luwu Timur

agama
Teroris

Terkini.id, Makassar – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 mengamankan dua terduga teroris di Kabupaten Bone, sekitar pukul 11.30 Wita siang tadi Jumat 10 Agustus 2018.

Keduanya adalah MU alias YD (37) dan BD (28). Mereka ditangkap ditempat terpisah dengan barang bukti berupa 20 Kg bom jenis TNT. Selanjutnya sebuah senapan angin dan sebilah parang.

“Bom jenis TNT itu disembunyikan dibawah tanah di sebuah area perkebunan,” kata Kepala Polres Bone AKBP Muhammad Kadarislam Kasim membenarkan penangkapan itu.

Dua orang terduga teroris ditangkap di Desa Liliriattang, Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Keduanya disinyalir masih berkaitan dengan jaringan teroris yang melemparkan bom ke mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Menurut Kadarislam kedua terduga teroris itu sudah lama menjadi target Densus 88 Anti Teror Mabes Polri. Sehingga pihaknya ikut turun langsung mem-back-up tim Densus 88 yang melakukan penangkapan di wilayah hukumnya.”Kita hanya memback-up saja. Satu diamankan sebelum Jumatan dan satunya setelah jumatan. Mereka sudah jadi target dari tim Densus,” terang Kadarislam.

Ia menjelaskan, terduga teroris saat ditangkap memiliki bahan peledak yang disimpan di kebun. Yakni bahan kimia bom, TNT seberat 20 kilo dalam jergen 25 liter.

“Karena terduga teroris tersebut memiliki bahan peledak yang disimpan dikebunnya. Jadi kita back-up saja,” kata dia.

Sementara itu dihari yang sama tiga terduga teroris ikut diamankan oleh Densus 88 Anti Teror Mabes Polri di Kecamatan Tomoni, Luwu Timur, Jumat 10 Agustus 2018 pagi sekita pukul 07.00 Wita.

Masing-masing ketiganya yakni adalah ID (28), LI (25) dan RU (40). Mereka ditangkap ditempat terpisa.

Penangkapan pertama dilakukan di sebuah bengkel yang ada di Kelurahan Tomoni, Kecamatan Tomoni. Dilokasi tersebut petugas mengamankan IS (28) warga Desa Mulyasari.

Densus 88 kemudian menangkap, RI (40) warga Kelurahan Tomoni, di depan Bank BRI Cabang Tomoni. Sementara LA (25) warga Kelurahan Tomoni, Kecamatan Tomoni dibekuk di depan rumahnya.

Densus 88 menyita barang bukti satu unit SPM dan satu unit mobil R4 Grand Max 3.

Informasi yang diterima ketiga terduga teroris itu hubungan saudara dengan Abu Uswad, terduga teroris yang ditembak mati di Makassar pada tahun 2013 lalu. Saat ketiga teroris dibawa ke Makassar selanjutnya dibawa ke Jakarta.

Komentar

Rekomendasi

Videonya Viral, Ini Pengakuan Ojol yang Lindungi Makanan Pesanan Pelanggan dari Semprotan Disinfektan

Puluhan Napi Dibebaskan akibat Pandemi Corona Kecuali Habib Bahar, Ini Alasannya

Update Kasus Corona di Sulsel, 80 Orang Positif, 172 PDP

Kabar Duka, Satu Guru Besar UI PDP Corona Meninggal Dunia

Curhat Sedih Bocah Anak Perawat, Ibuku Menjauhiku Demi Menolong Dirimu

Para Koruptor Berpeluang Bebas karena Corona, Termasuk Setya Novanto

Viral Video Polisi Usir Pengunjung Restoran yang Sedang Makan di Tempat

Viral Pria Ditemukan Tewas Usai Ludahi Orang Lain di Stasiun, Ternyata Positif Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar