Deretan Foto Humanis Reuni 212 yang Bisa Menjadi Headline Media Cetak

facebook

Terkini.id – Beberapa hari setelah aksi reuni 212 di Monas, pada Minggu 2 Desember 2018 lalu, jagat media sosial tengah ramai berdebat tentang kebijakan redaksional sejumlah media.

Untuk diketahui, setelah aksi reuni yang memenuhi kawasan Monas tersebut, media meresponsnya dengan cara pemberitaan yang beragam.

Beberapa media televisi, TVOne, misalnya, memilih untuk menayangkan aksi reuni 212 tersebut secara live di layar kaca.

Namun, beberapa media televisi lain, lebih memilih menyajikan informasi aksi reuni tersebut dalam bentuk berita biasa yang ditayangkan sesuai jadwal. Media-media tersebut pun mendapat kritik.

Tidak cuma itu, media cetak seperti Kompas, mendapat protes karena tidak menjadikan kabar reuni 212 tersebut sebagai berita utama atau headline di halaman satu.

Menarik untuk Anda:

Media nasional tersebut, lebih memilih menempatkan foto tentang sampah di halaman utamanya, kemudian menempatkan berita tentang reuni 212 di halaman 15.

“Bagi harian Kompas, peristiwa itu (reuni 212) tidak penting dan tidak ada nilai beritanya,” terang Hersubeno Arief, salah seorang wartawan senior.

Kritikan banyak netizen pro 212, juga sempat ditanggapi oleh mantan wartawan senior Kompas, Pepih Nugraha. Menurut Pepih, setiap Newsroom punya kebijakannya sendiri alias editorial policy dalam memuat berita peristiwa.

Menurut dia, Kompas punya pertimbangan dengan melihat news value, serta unsur penting dan menariknya peristiwa itu. “Apakah Reuni 212 berdampak bagi masyarakat luas khususnya pembaca Harian Kompas?” Pepih menekankan hal itu melalui akun media sosialnya.

Nah, sejumlah media memang tidak mengangkat foto aksi 212 sebagai berita besar, atau punya unsur penting maupun menarik.

Akan tetapi, sejumlah foto humanis hasil jepretan netizen yang beredar di media sosial, menunjukkan banyaknya pemandangan yang humanis yang layak untuk menjadi headline media cetak. Foto-foto tersebut banyak disebar, dinilai foto terbaik yang punya nilai berita tinggi:

Aparat TNI yang membantu anggota FPI berwudhu

facebook

Nenek yang Ikut Aksi Reuni

facebook/muhammad yusuf said

Berwudhu dengan Air PAM

facebook/esmi lizawati

Keakraban TNI dan Massa 212

facebook/azhar muhammad nur
facebook/edylin
facebook

Sebagian Massa 212 Beristirahat di Posko Relawan Jokowi-Ma’ruf Amin

facebook/nancy weber

Anggota Polisi yang terlihat enjoy saat bertugas

facebook/anton permana
facebook/anton permana

Anggota TNI beri hormat ke Prabowo

facebook

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Ekonomi Kita Hancur Akibat Perang dan Warisan Kolonial

Emmanuel Macron Mengaku Paham Kondisi Umat Muslim yang Syok dengan Karikatur Nabi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar