Ini Deretan Nama Calon Bupati Soppeng yang Santer Diperbincangkan Masyarakat

Soppeng
Pengamat politik Sudirman Numba

Terkini.id, Soppeng – Pemilihan umum telah berlalu, kini Kabupaten Soppeng akan memasuki tahapan Pilkada 2020. Suhu politik di kabupaten ini pun semakin memanas.

Hal itu terbukti dari sejumlah nama yang saat ini bermunculan di masyarakat. Sederet tokoh-tokoh politik, masyarakat, dan kaum milenial menyatakan siap berlaga di Pilkada Kabupaten Soppeng 2020, mendatang.

Andi Kaswadi rRzak yang saat ini menjabat sebagi Bupati Soppeng juga dipastikan akan kembali maju di Pilkada 2020.

Nama lain yang juga jadi animo di masyarakat yakni Wakil ketua II DPRD Soppeng Andi Mapparemma yang santer dikabarkan akan maju di Pilkada 2020.

Hal tersebut terlihat dari partai yang dipimpinnya yakni PDIP akan keluar dari koalisi Kaswadi.

Selain itu deretan nama lainnya yakni dari Partai Nasdem. Ada dua figur yang dikabarkan akan maju, yakni Lutfi Halide dan Andi Zulkarnain Soetomo.

Sementara dari partai Demokrat dan Gerindra yang digadang-digadang oleh masyarakat akan maju di Pilkada 2020 yakni Selle Ks Dalle, Haeruddin Tahan, dan Andi Nurul Safitri dari Partai Gerindra.

Dalam kontestasi Pilkada 2020, nama Burhanuddin Andi, Andi Jamaro Dulung, Andi Ridwan Wittiri, dan Nurmal Idrus berpeluang maju di Pilkada Soppeng.

Pendapat pengamat politik

Pengamat politik Sudirman Numba yang juga salah satu dosen di Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengatakan bahwa apa yang sering diperbincangkan oleh masyarakat Soppeng tentang Bakal Calon Bupati Soppeng, kesemuanya sangat berpeluang untuk maju.

“Saya sudah mendengar nama-nama yang diperbincangkan, dan semua itu berpeluang dan berpotensi maju di Pilkada Soppeng mendatang,” ujarnya .

Lanjutnya, bahwa Lutfi Halide dan Andi Zulkarnaen Suoetomo itu bisa dipastikan maju ke Pilkada 2020 dikarenakan pernah maju di Pilkada lalu.

“Kita bisa lihat perjuangan mereka apalagi satu partai, tetapi politik itu kemungkinan bisa terjadi atau berubah,” lanjut dia.

Sudirman menambahkan, figur yang akan maju di Pilkada Soppeng seperti Andi Mapparemma, harus mulai malakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Dari teori klasiknya,  kalau sudah banyak calon dan serius maju harusnya calon tersebut sudah mulai melakukan sosialisasi, harus memperkenalkan dirinya dan membangun pencitraan agar disenangi masyarakat,” ungkapnya.

Dia mengharapkan agar para calon bisa memberikan pendidikan politik kepada masyarakat sehingga semuanya bisa memperbaiki aspek kualitasnya.

“Calon nantinya harus berikan pendidikan politik ke masyarakat dengan aspek kualitasnya, jangan cuma isi tasnya saja,” ujar Sudirman dengan nada canda.

Berita Terkait
Komentar
Terkini