Desa Terbaik di Bulukumba Raih Penghargaan Saoraja AMPL Award 2018

Desa Buhung Bundang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba menerima penghargaan sebagai desa terbaik di ajang Saoraja AMPL Award 2018

Terkini.id, Bulukumba – Desa Buhung Bundang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba menerima penghargaan sebagai desa terbaik di ajang Saoraja AMPL Award 2018 yang dilaksanakan Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Sulawesi Selatan.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Kepala Desa Buhung Bundang Kecamatan Bontotiro, Mashuri Kurniawan. Sedianya yang menerima penghargaan tersebut adalah Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali, namun Ia mendaulat Kepala Desa Buhung Bundang untuk mewakilinya menerima penghargaan Saoraja AMPL Award yang diserahkan oleh Plt Sekretaris Daerah Provinsi Ashari F Radjamilo di Hotel Claro, Rabu,  14 November.

“Hari ini saya minta Kepala Desa Buhung Bundang untuk menerima langsung penghargaan tersebut. Ini merupakan bentuk penghargaan saya kepada pak desa, sehingga pak desa bisa lebih termotivasi lagi dalam melahirkan ide-ide cemerlang dalam membangun desanya,” ujar AM Sukri Sappewali yang juga hadir pada acara tersebut bersama dengan Kepala Bappeda M Ali Saleng.

Desa Buhung Bundang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba menerima penghargaan sebagai desa terbaik di ajang Saoraja AMPL Award 2018

Penghargaan dibagi dalam 8 kategori, dimana Bulukumba meraih penghargaan pada kategori Pemerintah Desa Terbaik Dalam Layanan dan Pembangunan AMPL. Desa Buhung Bundang berhasil mengalahkan desa lainnya yang masuk kategori itu yakni Marioritengnga dari Soppeng, Kalosi Alu dari Sidrap, dan Labukkang dari Kota Parepare.

Dalam mencapai penghargaan tersebut,  Desa Buhung Bundang mengandalkan inovasi dengan membangun 1 Unit SPAM di Dusun Salobundang dan Program Dutaku (Dusun Tanpa Kumuh). Program yang mulai dirintis semenjak tahun 2016 inilah yang membuat Desa Buhung Bundang meraih penghargaan pemerintah desa terbaik pada kategori pelayanan air minum di desa.

Bupati AM Sukri Sappewali sangat mengapresiasi dan menyampaikan bahwa sebelumnya Kabupaten Bulukumba juga menjuarai Lomba Desa yang diwakili oleh Desa Kambuno dan kini desa dari Bulukumba kembali menerima penghargaan Desa Terbaik dalam pengelolaan air minum.

“Saya ingin, ini menjadi motivasi bagi kepala desa lainnya untuk memacu dan mengembangkan inovasi di desanya masing-masing,” pintanya.

Sementara itu,  Kepala Desa Buhung Bundang Mashuri Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas penghargaan tersebut.

“Kami juga ucapkan banyak terima kasih kepada bapak Bupati atas kepercayaan untuk menjalankan program pengelolaan air bersih di desa. Mulai dari Pamsimas sampai dengan pembangunan SPAM,” ungkapnya

Dirinya mengaku sangat terkesan oleh karena yang seharusnya Bapak Bupati yang menerima langsung penghargaan tersebut, tapi Bupati mendaulat saya untuk naik menerima penghargaan AMPL Award ini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bulukumba

Breaking News: Buruh PT Lonsum Mogok Kerja

Terkini.id,Makassar – Seribuan karyawan baik pabrik dan kebun PT London Sumatera (Lonsum) di Bulukumba, perusahaan perkebunan bergerak di industri perkebunan kelapa sawit dan karet, kembali