Dicibir Terkait Mobil Esemka, Ini Tanggapan Jokowi

Jokowi
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). (foto: dennysiregar.com)

Terkini.id – Dinilai hanya menjadi kendaraan politik Joko Widodo (Jokowi), Mobil Esemka masih menjadi bahan pergunjingan di tengah-tengah msayarakat Indonesia saat ini. Pasalnya, mobil Esemka itu belum juga diproduksi massal.

Menyikapi pergunjingan tersebut, Jokowi pun angkat bicara. Ia menilai mobil Esemka tersebut adalah uji coba siswa SMK Surakarta.

“Mobil Esemka itu produk uji coba anak-anak SMK Surakarta dibantu teknisi perusahaan besar,” ujar Jokowi lewat akun Twitter resminya, @jokowi, Kamis, 25 Oktober 2018.

Dilansir dari detik, Mobil Esemka menjadi pembicaraan sejak Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Kini Jokowi telah menjadi Presiden. Sebagai kepala pemerintahan, dia mendukung usaha untuk mewujudkan cita-cita Esemka.

“Sebagai wali kota saat itu saya dukung upaya mereka. Sekarang pun begitu. Industri yang kerjakan, pemerintah hanya mendukung. Masak Presiden buat pabrik dan bikin mobil Esemka sendiri,” ujar Jokowi, dikutip dari detik, Kamis, 25 Oktober 2018.

Jokowi
Joko Widodo. (foto: lamanberita.co)

Hal senada juga dikatakan PDIP. Partai koalisi pemerintah ini menegaskan sikap Jokowi sejak awal memang hanya mendukung Esemka. PDIP mengatakan Jokowi tidak pernah mengatakan akan memproduksi mobil itu.

“Semua orang juga tahu bahwa dia memberi dukungan untuk siapa yang akan memproduksi itu. Dia tidak pernah mengatakan bahwa dia akan memproduksi mobil karena memang bukan kapasitas dia untuk memproduksi itu,” ujar Ketua DPP PDIP, Andreas Hugo Pareira.

Menurutnya, kesalahan ada pada orang-orang yang menginterpretasi Jokowi bakal memproduksi mobil tersebut.

“Salah aja orang membuat interpretasi Pak Jokowi akan memproduksi mobil. Pak Jokowi kan bukan Toyota,” tegas Andreas.

Mobil Esemka
Mobil Esemka. (foto: dream.co.id)

Lanjutnya, semua orang sebenarnya sudah tahu bahwa Jokowi bukan pengusaha dalam bidang produksi mobil. Kemunculan Esemka memang beriringan dengan moncernya nama Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Surakarta.

“Jokowi saat itu bersikap mendukung setiap potensi usaha, termasuk mendukung pengembangan mobil Esemka,” ujar Andreas.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mengkritik mobil Esemka yang kabarnya bakal diluncurkan pemerintah. Fadli menyebut Esemka sebagai contoh politik kebohongan.

Alasannya, ia menilai Esemka hanya jadi bahan pencitraan pemerintah. Fadli menyarankan pemerintah agar jujur jika memang Mobil Esemka gagal diproduksi.

Komentar

Rekomendasi

Kabar Baik, Gugus Tugas Pastikan Produksi APD Tangani Corona Tercukupi

Mendagri Minta Pemda Segera Lakukan Perubahan Alokasi Anggaran untuk Covid-19

Alhamdulillah, Pasien Korona Sembuh Bertambah Menjadi 134 Orang

Kabar Gembira, PLN Sediakan Token Gratis untuk Pelanggan, Ini Caranya

Pemerintah Siap Eksekusi Putusan MA Soal Pembatalan Iuran JKN-KIS

Gegara Corona, Kemenag Berlakukan Pendaftaran Nikah Secara Online

Ini Cara Cairkan Mata Anggaran BTT di APBD untuk Penanggulangan Bencana

Pushidrosal TNI AL Lakukan Pemutakhirkan Data Hidro-oseanografi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar