Diikuti Berbagai Kampus di Indonesia, GenBI Komisariat UNM Gelar Lomba Essai Nasional

GenBI UNM
Diikuti Berbagai Kampus di Indonesia, GenBI Komisariat UNM Gelar Lomba Essai Nasional

Terkini.id, Makassar – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Economic Forum and National Essay Competition (EFORNEC) 2019 pada Minggu, 8 Desember 2019, di Hotel Lamacca Makassar.

EFORNEC merupakan kegiatan besar dari GenBI Komisariat UNM yang dilaksanakan tingkat nasional. Kegiatan ini diawali dengan presentasi dari finalis lomba essai yang sebelumnya telah diseleksi.

Adapun peserta dalam lomba essai ini dari Universitas Ahmad Dahlan dari Yogyakarta, Universitas Dian Nuswantoro dari Semarang, IPB University dari Bogor, serta UIN Alauddin Makassar dan Universitas Hasanuddin dari Makassar. Dan untuk selanjutnya, karya-karya dari para peserta ini akan disatukan.

Adapun juri dalam kegiatan lomba essai berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Dosen Ahli dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, Alumni LPDP yang ahli di bidang penulisan, alumni GenBI yang ahli di bidang penulisan, serta Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel.

Setelah presentasi lomba essai nasional kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow Economic Forum yang bertajuk “Kemunduran Ekonomi Maritim, Sulawesi Selatan dimasa depan dan tantangan mengembalikan Kejayaan”.

Kegiatan Talkshow dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNM yakni Prof. Dr. H. Muhammad Azis, M. Si.

Pembicara dalam kegiatan talkshow antara Murhama, SE., M. Si dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Dinas Koperas idan UMKM Sulsel, Ketua Prodi MM PPs. STIE Amkop Makassar serta Duta Maritim Indonesia 2017, Koordinator Paguyuban Putera-Puteri Maritim Sulsel.

“Sulsel memiliki pertumbuhan yang besar, salah satu penyebab dari pertumbuhan ini adalah konsumsi rumah tangga. Jadi bisa dikatakan bahwa konsumsi di Sulsel cukupbesar. Adapun solusi untuk hal ini adalah inovasi dan kretifitas,” ujar Dr. HasminTamsah, SE., M. Si selaku Ketua Prodi MM PPs. STIE Amkop Makassar.

“Diharapkan agar ke depannya masyarakat Sulsel bisa lebih meningkat dan tidak hanya menjadi masyarakat konsumtif,” lanjutnya.

Setelah kegiatan talkshow selesai, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba essai.

Adapun juara-juaranya yakni juara pertama diraih Universitas Ahmad Dahlan, juara kedua dari IPB University, dan juara ketiga dari UIN Alauddin Makassar.

“Kegiatan lumayan buat aku senang karena panitianya baik-baik, ada yang kocak, ada yang humoris, dan mungkin bisa diperbaiki lagi deadlinenya, soalnya untuk urus dana ke universitas juga lama. Pokoknya acaranya asik,” ujar finalis dariUniversitas Ahmad Dahlan.

Citizen Reporter: Asmiati

Komentar

Rekomendasi

Pameran Perguruan Tinggi Swasta, STIK Tamalatea Makassar Tampilkan Keunggulan Kampus

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unhas Bakal Gelar ‘Kosmik Space’, Ini Ragam Kegiatannya

Cara Mahasiswa Pertanian Unila Tingkatkan Minat Baca Dalam Kampus dan Sekitarnya

Di Kendari, Direktur Polbangtan Gowa sosialisasikan KOSTRATANI sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian

Cari asisten kebun yang unggul dan tangguh, BPI lakukan sosialisasi dan rekrutmen mahasiswa di Polbangtan Gowa

Salah Satu Alumnus Terbaiknya Meninggal Dunia, Universitas Sawerigading Makassar Berduka

Dukung pertanian wilayah perbatasan, Polbangtan Gowa kembali akan mengirimkan mahasiswa pendamping

Telkom MDV gelar talkshow “The Future Agriculture 4.0, Transforming Agriculture Through Innovations”, hadirkan mahasiswa Polbangtan Gowa sebagai speaker

Dr. Syaifuddin: makin banyak karya ilmiah yang dihasilkan, maka makin tinggi juga kompetensi diri dan berdampak pada reputasi institusi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar