Makassar Terkini
Masuk

Dikabarkan Tidak Dapat Ditayangkan Karena Adegan LGBT, Lembaga Sensor Film Indonesia Beri Klarifikasi Soal Film Lightyear

Terkini.id, Jakarta – Lightyear adalah salah satu film yang memiliki antisipasi yang cukup tinggi di mata masyarakat. Film yang berada dibawah naungan produksi Disney Pixar tersebut direncanakan rilis pada tanggal 15 Juni ini.
 
Film yang sudah ditunggu sekian lama itu sedang menjadi perbincangan hangat karena dari filmnya sendiri dikabarkan tidak dapat ditayangkan.
 
Satu alasan mengapa Lightyear menjadi kontoversial yaitu karena filmnya sendiri memunculkan adegan cinta sesama jenis. Dengan adanya adegan tersebut, masyarakat berspekulasi bahwa filmnya tidak jadi tayang di bioskop tanah air. Penyebab itu juga ternyata membuat film animasi Pixar ini dicekal di banyak negara.
 
Sumber Foto: ComicBook
 
Dilansir dari greenscene.co.id (Selasa 14 Juni 2022), ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia, Rommy Fibri, mengungkapkan bahwa proses penyensoran masih dalam tahap peninjauan.
 
Jadi, si pemilik film pernah meminta agar Lightyear ini dilakukan peninjauan, bukan penyensoran namun peninjauan. Kenapa peninjauan? Karena semuanya belum lengkap (belum ada terjemahan dan sebagainya)”, ujar Rommy. 
 
Selanjutnya, Rommy mengungkapkan bahwa Lightyear akan lulus sensor dengan berbagai catatan. Salah satunya yaitu terdapat adegan LGBT sehingga batas usia penonton akan naik menjadi 13 tahun ke atas. 
 
Dari peninjauan itu, LSF sudah melihat kemudian memberi kisi-kisi. Kalau pun lulus (sensor) nanti (batas usia penonton minimal) 13 tahun. Karena ada satu catatan yang diberikan, ada adegan yang diminta untuk menjadi pertimbangan (LGBT). Karena penonton di Indonesia masih sensitif soal adegan seperti itu”. 
 
Sampai hari ini, film Lightyear belum memasuki tahap penyensoran karena belum ada ajuan permintaan penyensoran resmi dari pemilik film. Untuk proses penyensoran, Rommy menjelaskan bahwa hal tersebut biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar satu hari saja.