Dinyinyiri Fadly Zon, ini prestasi Sri Mulyani sebagai menteri terbaik

Terkini.id, Makassar – Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, dinobatkan menteri terbaik dunia atau Best Minister in the World Award.

Hanya saja, setelah diberitakan terkait penghargaan tersebut, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon langsung nyinyir.

Fadli menyebut, Sri Mulyani tak pantas mendapatkan penghargaan tersebut. “Kok bisa jadi menteri keuangan terbaik ketika target tak ada yang tercapai (pertumbuhan dan pajak), subsidi dicabut, impor naik, utang melonjak,” tulis Fadli melalui akun twitternya.

Menanggapi respons Fadli Zon itu, Sri Mulyani hanya menjawab santai. Dia memilih tidak mau menanggapinya. “Iya, enggak perlu ditanggepin,” ujar Sri Mulyani, 2 Februari 2018.

Benarkah Sri Mulyani tidak layak mendapat penghargaan sebagai menteri terbaik seperti penilaian Fadli Zon?

Menarik untuk Anda:

Berdasarkan penilaian yang dipublikasikan dalam event World Governmen Summit tersebut, ada beberapa kriteria yang membuat Sri Mulyani dipilih sebagai menteri terbaik, antara lain

1. Mengurangi angka kemiskinan

Dalam lima tahun terakhir, kemiskinan Indonesia berkurang hingga 50 persen. Sri Mulyani dinilai mampu meningkatkan sosial ekonomi masyarakat Indonesia.

2. Mengurangi ketimpangan pendapatan

Pemerataan pendapatan masyarakat Indonesia dinilai mampu didorong oleh Sri Mulyani. Tingkat ketimpangan masyarakat Indonesia, yang dilihat dari rasio gini, menunjukkan penurunan 0,408 pada Maret 2015 menjadi 0,393 pada Maret 2017, selama kabinet Joko Widodo.

3. Meningkatkan peluang kerja

Selama Sri Mulyani menjadi menteri keuangan, lapangan kerja di Indonesia juga meningkat. Buktinya, dalam tiga tahun terakhir, selama Jokowi-JK, penyerapan tenaga kerja selalu memenuhi target hingga 2 juta orang per tahun.

4. Lebih transparan

Terjadi peningkatan transparansi pemerintahan di Indonesia, khususnya di kementerian keuangan, dalam lima tahun terakhir.

5. Utang berkurang

Utang pemerintah Indonesia juga dicatat berkurang hingga 50 persen.

6. Cadangan devisa Indonesia

Pada era Sri Mulyani menjadi menteri keuangaan, tercatat cadangan devisa Indonesia mencapai yang tertinggi sepanjang masa, yakni USD50 miliar.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

10.000 Buruh Bergerak ke Istana Presiden Hari ini, Jokowi Didemo Lagi

Prabowo: Ada Dalang di Balik Kerusuhan Demo Omnibus Law

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar