Direktur Eksekutif Muda Adonara: DPRD Flotim Segera Bentuk Pansus dan Hak Interpelasi

Terkini.id, Makassar- Direktur Eksekutif Muda Adonara, Nasarudin Sili Luli menyarankan DPRD Flotim segera menggunakan kewajibanya untuk membentuk Pansus guna mengusut tuntas dan langka-langka penyelesaian tragedi di Desa Sandosi, Kec.Witihama Kabupaten Flores Timur yang menelan enam korban. Kamis, (5/3)

Dalam vidio berdurasi 04:33 menit yang diunggah di akun Facebooknya pagi tadi (6/3/20), Ia menyebutkan perlu adanya pembentukan Panitia Khusus dan Hak Interpelasi, Menanyakan kepada masyarakat terkait kewenangan dan kebijakan pemerintah khususnya terkait masalah agraria, hak ulayat dan masalah pertanahan.

Nasarudin juga menambahkan untuk segera membentuk hak angket.

Baca Juga: Abdullah Hehamahua Sarankan Polisi Pakai Tongkat Saja, Eko Kuntadhi Sindir:...

“DPRD agar segerah membentuk hak angket untuk melakukan penyidikan, sudah sejauh mana keterlibatan orang dan sejauh mana penanganan terkait konflik ini”, Ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat guna mempercepat proses penyelesaian.

Baca Juga: Soal Motif Pembunuhan Brigadir J, Brigadir Deden Diduga Tukang Kompor

“Mekanisme berpendapat adalah gabungan hak interpelasi dan hak angket itu sehingga masyarakat juga merasakan kehadiran pemerintah atau wakil rakyat di tengah masyarakat, agar kegaduhan konflik ini segerah pulih.” Jelas Nasarudin dalam vidio unggahanya.

Dalam vidio itu, Nasarudin selaku Direktur Eksekutif Muda Adonara juga menghimbau agar pemerintah jangan bersifat layaknya pemadam kebakaran.

“Yang kita sayangkan adalah jangan sampai pemerintah hanya bersifat sebagai pemadam kebakaran, jadi datang menyelesaikan konflik tapi tidak melihat sejauh mana perkembanganya, Penangananya bahkan antisipasinya”, kata Nasarudin.

Baca Juga: Soal Motif Pembunuhan Brigadir J, Brigadir Deden Diduga Tukang Kompor

Untuk mengatasi dan mengantisipasi terjadinya konflik serupah pemerintah daerah terkhusus Bupati dan Wakil Bupati harus mempunyai konsep besar, Paradikma dan pandangan besar terkait penanganan pertanahan di Adonara, Tutupnya

Bagikan