Dirjen PSLB3 KLHK bersama Jajaran Kunjungi Pelindo IV, Lihat Kehandalan Kapal Skimmer

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id-Makassar, Kunjungan kerja Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) Rosa Vivien Ratnawati, SH, M.Sc yang hadir bersama jajarannya di Makassar , disambut oleh Aris Tunru GM Pelindo IV.

Kunjungan kali ini dalam rangka persiapan pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional 2020 ( HPSN) serta pengamatan lebih mendalam pada jenis kapal pengangkut sampah Skimmer.

Disamping itu pula pada kunjungan hari ini Rabu, 05 Februari 2020 bertempat di Pelindo IV Makassar, wilayah Pelabuhan Soekarno Hatta.

Dengan cuaca yang cerah serta lautan tenang, hal yang sangat mendukung pada uji coba kapal pengangkut sampah milik Pelindo IV ini untuk dilaksanakan launchingnya yang bertepatan pula pada Peringatan HPSN di Labuan Bajo NTT yang akan dihelat pada 21 Februari 2020.

Turut hadir dalam rombongan KLHK diantaranya Direktur Pengelolaan Sampah Dr.Ir.Novrizal Tahar, Ari Sugasri SH Kasubdit Sampah spesifik dan Daur Ulang Direktorat PSLB3 KLHK Sementara dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E SUMA) Kepala Pusat Dr.Ir Darhamsyah M.Si dan Kepala Bagian TU Azri Rasul SKM, M.Si ,MH.

Baca juga:

Dalam kunjungan kerjanya Dirjen PSLB3 melihat secara langsung cara kerja dari kapal Skimmer, yakni sebuah kapal dengan desain canggih yangberfungsi sebagai Kapal pengangkut sampah untuk kebersihan laut di pelabuhan kelolaan lain.

“Terkait keberadaan Skimmer ini diupayakan agar aktivitas di wilayah Kepelabuhanan laut dan sekitarnya, dapat bersih dari sampah sampah yang berserakan,” jelas Aris Tunru GM Pelindo IV, Makassar dihadapan Dirjen PSLB3 KLHK dan rombongan.

Kapal Skimmer yang membawa rombongan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK) bersama jajaran Pelindo IV turut serta melihat langsung ke perairan di sekitar pelabuhan Makassar, yakni melalui dermaga Hasanuddin, dermaga Soekarno, dermaga Hatta hingga ke perairan depan area depo Pertamina kemudian memutar ke area wilayah Pelabuhan Paotere Makassar untuk melihat lebih dekat cara kerja dan daya angkut sampah sampah yang berserakan di lautan dengan teknologi kapal Skimmer ini.

Sesampainya di areal dermaga Hasanuddin , Kapal dengan bentuk desain yang unik dan canggihini melakukan bongkar muatan dari geladak yang diterima langsung dengan kontainer sampah yang telah disediakan.

Nampak beberapa potongan dahan pohon, bungkusan plastik hingga botol plastik yang berada di lautan tak luput dari jangkauan kapal Skimmer ini.

Rel berderit bekerja yang bercampur suara besi rantai rel beradu dari Kapal ini menandakan proses pembersihan sampah di laut dan berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Salam 3 R.

Komentar

Rekomendasi

BBKSDA Sulsel Gelar Webinar Meretas Jalan Satwa Liar Kembali ke Alam Dimasa Pandemi

Cek Fakta, Sempat Viral di Medsos Ini Akhirnya

Objek Wisata Mangrove Lantebung di Lirik Prof Yusran

Menteri LHK: Pemda Berperan Penting Atasi Perubahan Iklim

Diskusi Internasional, Menteri Siti Bicara Peran Penting Pemda Atasi Perubahan Iklim

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar