Disdik Pangkep Potong Beasiswa Mahasiswa, Bupati Murka

Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid / foto : MUHAMMAD SUBHAN

Terkini.id, Pangkep – Pemotongan beasiswa untuk mahasiswa oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep membuat Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid murka. Oleh Disdik, anggaran beasiswa tersebut dipotong masing-masing Rp300 ribu perorang secara sepihak.

Syamsuddin menegaskan program ini merupakan program andalan yang menjadi salahsatu visi misi pemkab. Melalui program ini setiap mahasiswa Pangkep mendapatkan beasiswa Rp2 juta pertahun yang ditetapkan melalui surat keputusan (SK) bupati

Bupati telah memberikan teguran keras kepada kadisdik Pangkep Muhammad Idris Sira atas kejadian ini. Seharusnya, kata Syamsuddin, Disdik harus berpedoman terhadap SK terkait hal itu.

“Saya sudah tegur kadis pendidikan. Saya perintahkan disdik untuk mengembalikan uang yang sudah dipotong. Nilai beasiswa yang diterima harus sesuai dengan SK dan tidak lagi ambil kebijakan sepihak seperti itu,” kata Syamsuddin, Sabtu 4 Agustus 2018.

Bupati Pangkep juga menolak alasan Disdik bahwa pemotongan dilakukan karena jumlah penerima bertambah. “Kalau pun bertambah penerima maka akan dikondisikan di anggaran perubahan. Pak bupati juga bilang, sebenarnya bantuan beasiswa ini akan ditambah nilainya manakala situasi anggaran memungkinkan,” ucapnya.

Baca :Kepada mahasiwa, Bupati Pangkep: Kalau mau sinergi, jangan saling menyalahkan

Sementara itu, salah satu anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Pangkep Rahmat Nur mengungkapkan pihkanya akan menyikapi hal ini secara resmi. Jadwalnya Senin mendatang Dewan Pendidikan akan menggelar rapat terkait sejumlah isu yang terjadi di Disdik.

“Hasil rapat kami nanti akan diserahkan kepada bupati sebagai masukan agar pendidikan semakin baik,” ujar Rahmat.