Disdukcapil Palopo Musnahkan 7.807 Keping e-KTP Invalid

e-KTP

Terkini.id, PalopoDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Palopo memusnahkan 7.807 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (-eKTP). Pemusnahan dilakukan di Halaman Kantor Disdukcapil kompleks gabungan dinas, jalan A. Masjaya, kelurahan Boting kecamatan Wara, Senin 17 Desember 2018 kemarin.

Sekretaris Daerah Kota Palopo H. Jamaluddin, pada kesempatan itu menyampaikan e-KTP yang dimusnahkan itu adalah keping e-KTP elektronik yang sudah rusak dan tidak berlaku lagi atau invalid.

“Jadi yang kita musnahkan ini adalah e-KTP yang invalid, disebabkan karena rusak, perubahan status seseorang dan rusak,” ungkap Sekda.

Lanjutnya, pemusnhan itu juga sebagai bentuk tindak lanjut dari edaran Kemendagri, tentang penatausahaan KTP elektronik yang sudah rusak atau invalid agar tidak disalahgunakan.

Sementara itu, Kadis Dukcapil kota Palopo, H. Asir Mangopo, mengungkapkan hal yang sama dimana pemusnahan e-KTP tersebut guma memberikan kepastian jaminan dan pencegahan terjadinya penyalahgunaan KTP elektronik yang rusak atau invalid.

Lanjutnya, selain pemusnahan 7.807 keping e-KTP juga dilaksanakan pemusnahan 22.112 keping KTP non elektronik yang selama ini menjadi arsip Didukcapil dan pemusnahan yang dilakukan disertai berita acara pemusnahan, dan dilaporkan ke Kemendagri, melalui Dirjen Dukcapil

“e- KTP yang kita musnahkan. Dan Tidak menutup kemungkinan masih ada lagi tambahan KTP yang invalid, “tutup M. Asir.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar yang diawali oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo,  H. Jamaluddin didampingi Kadis Dukcapil, Komisioner KPU kota palopo, pihak Bawaslu kota Palopo, Kasat Reskrim Polres Palopo, dan jajaran Disdukcapil Palopo.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini