Disnaker Makassar Gelar Job Fair 2019, Iqbal: 90 Perusaahaan Ikut Berpartisipasi

Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar, M Iqbal S Suhaeb membuka secara resmi kegiatan Job Fair 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, di Hotel Four Point By Sheraton, Rabu, 21 Agustus 2019.

Kegiatan ini sudah kali kedua diselenggarakan, di mana sebelumnya dilaksanakan pada awal tahun 2019.

Iqbal mengatakan, ada sekitar 90 perusahaan yang ikut berpartisipasi menyediakan lapangan kerja bagi ratusan calon tenaga kerja.

“Pagi ini saya melihat partisipasi calon tenaga kerja kita sangat banyak. Ini mencerminkan betapa banyaknya anak-anak kita membutuhkan kerja,” ujar Iqbal di Balai Kota Makassar, Rabu, 21 Agustus 2019.

Mungkin Anda menyukai ini:

Dia mengatakan, untungnya, pihak Disnaker bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan dan memfasilitasi ketersediaan lapangan pekerjaan dengan mengajak berbagai perusahaan yang ada di kota Makassar maupun dari luar kota Makassar.

Baca Juga: Pemkot Bakal Tinjau Ulang Izin Pembangunan Twin Tower, Wakil Ketua...

Sesuai data BPS angka pengangguran di Kota Makassar berada pada kisaran angka 12,19 persen dengan tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai 8,44 persen.

“Di akhir tahun 2018 posisinya berada di atas Provinsi Sulsel 7,07 persen dan pertumbuhan ekonomi nasional berada kisaran angka 5,18 persen,” ungkapnya.

Ia mengatakam hal ini menandakan bahwa Kota Makassar menjadi magnet dari Provinsi Sulsel bahkan di Kawasan Timur Indonesia.

Baca Juga: Pemkot Makassar Abaikan Rekomendasi KASN, Lelang Jabatan Tetap Dilanjutkan

“Sehingga banyak yang menjadikan kota Makassar sebagai tempat mencari pekerjaan. Kami tak bisa tolak akan tetapi tentunya harus melalui regulasi yang tepat,” jelasnya.

Untuk itu, Iqbal berharap kegiatan ini dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja atau perusahaan.

“Sehingga mempercepat proses penyerapan tenaga kerja,” ujarnya.

Sementara, Kadisnaker Kota Makassar Andi Irwan Bangsawan menambahkan untuk kegiatan Job Fair kali ini pihaknya menyediakan sebanyak 1.500-3.000 lowongan pekerjaan.

Dengan klasifikasi usaha, yakni manufaktur, otomotif, industri perbankan, konstruksi, perhotelan, kesehatan, dan UMK.

“Ini sudah kegiatan rutin, satu tahun itu bisa tiga kali kita adakan dan yang kedua ini partisipasi penyedia meningkat biasanya 50 perusahaan kali ini mencapai 90 perusahaan,” sebutnya.

Job Fair digelar selama dua hari mulai dari tanggal 21-22 Agustus 2019.

Bagikan