Disperindag sosialisasi penerapan barang SNI bagi pelaku Industri dan jasa konstruksi

Disperindag sosialisasi penerapan barang SNI bagi pelaku Industri dan jasa konstruksi

Terkini.id, Makassar – Dinas Perdagangan Kota Makassar melalui Bidang Pengawasan dan Pendidikan Pelanggaran Perdagangan dan Perindustrian menggelar Sosialisasi Penerapan Barang Berstandar Nasional Indonesia (SNI) bagi Pelaku Usaha, Senin 23 April 2018 di Makassar Golden Hotel.

Ketua Bidang Pengawasan dan Pendidikan Pelanggaran Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Perdagangan Kota Makassar, Syaharuddin mengungkapkan bahwa kegiatan Sosialisasi ini untuk memastikan regulasi sudah sampai ke masyarakat.

“Di kegiatan ini kita menginginkan bahwa regulasi terkait barang berstandar nasional Indonesia itu sudah harus sampai ke masyarakat,” ucap Syaharuddin.

Kegiatan sosialisasi ini sendiri dilaksanakan selama dua hari yakni 23 hingga 24 April 2018,  Syaharuddin mengatakan bahwa kegiatan ini terbagi kedalam dua segmen.

“Jadi segmen pertama itu khusus untuk pelaku industri, kemudian disegmen kedua lebih banyak kepada pelaku jasa konstruksi,” ungkapnya.

Ia melanjutkan bahwa banyak kerusakan yang terjadi pada pembangunan disebabkan oleh penggunaan barang yang tidak memenuhi standar. Jadi hal ini disampaikan kepada para pengusaha disektor jasa konstruksi agar ketika memilih bahan bangunan harus yang sesuai dengan standar.

Syaharuddin juga mengungkapkan bahwa untuk wilayah kota Makassar sejauh ini belum ada terjadi kecelakaan yang bersumber dari penggunaan barang yang tidak berstandar, “kebanyakan terjadi di Jawa, jadi untuk antisipasi maka sosialisasi ini dilakukan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini sendiri memghadirkan narasumber dari balai keselamatan kerja, badan standar nasional, dinas perindustrian provinsi, dan dinas tata ruang provinsi.

Terakhir Ia mengungkapkan bahwa pihaknya akan berusaha untuk menindaklanjuti hasil sosialisasi ini melalui Perwali terkait penggunaan barang-barang berstandar.

“Kita akan tindak lanjuti, baik itu barang-barang disektor jasa konstruksi, elektronik maupun makanan atau minuman,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Disangka Tujuan Politik, Pendataan Dasawisma Tuai Respons Negatif Masyarakat

Tutupi Kebocoran PAD, PD Parkir Makassar Raya Ingin Berdayakan Jukir Liar

Perwali Makassar Soal Penertiban Minuman Beralkohol Dinilai Tak Efektif

Muhammad Ismak Maju Atau Mundur di Pilwali Makassar 2020?

Palsukan KTP Masyarakat, Calon Perseorangan Pilwali Makassar Bisa Dipidana

Bicara Diseminasi Hasil Penelitian Kebijakan Daerah, Sekda: Kita Semangat

SAdAP Bakal Setor 100 Ribu e-KTP ke KPU Makassar

Di Hadapan Kementerian ATR/BPN Iqbal Paparkan RDTR Kawasan Biringkanaya

5 Tahun Mendatang, Dirut Hamzah Sebut Sumber Air Baku Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar