Disrupsi Profesi Akuntan di Era Revolusi Industri 4.0

Ilustrasi

Revolusi Industri 4.0 atau oleh anak-anak milenial menyebutnya sebagai era jaman now. Di era ini akan terjadi perubahan begitu cepat, ditandai dengan kemunculan seperti:  superkomputer, robot pintar, cloud computing, sistem big data, rekayasa genetika dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak.

Revolusi Industri 4.0 akan menyebabkan terjadinya disrupsi termasuk pada profesi akuntan. Penggunaan Robotics dan data analytics (big data) akan mengambil alih pekerjaan dasar akuntan (seperti mencatat transaksi, mengolah transaksi, dan memilah transaksi).

Penggunaan big data akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan akuntan. Perusahaan besar sudah banyak mengembangkan teknologi ini, melalui pengembangan standarisasi atas proses pengelolaan keuangan, standarisasi atas arsitektur sistem dan informasi (standardization of financial processes, systems, and information architecture).

Profesi akuntan tidak boleh underestimate terhadap dampak teknologi. Kompetensi profesi akuntan perlu segera ditingkatkan misalnya; data analysis, information technology development, dan leadership skills.

Peran akuntan akan berubah secara radikal. Penggunaan data akuntansi berbasis Cloud akan mendapat pengaruh kekuatan penggunaan big data, akuntansi akan mengintegrasikan informasi keuangan nontradisional dalam sistem modern, pekerjaan akuntan akan lebih efisien dan mobile.

Informasi (laporan) keuangan perusahaan dapat diakses oleh owners kapan dan dimana saja by internet, ataupun smartphone dan tab.

Perubahan perubahan terus menerus terjadi secara cepat, dan berdampak secara langsung terhadap kinerja akuntan karena terjadinya:  1) digitization and integration of vertical and horizontal value chains, 2) digitization of product and service offerings, 3) digital business models and customer access.

Peran akuntan akan mulai bergeser, sebagian pekerjaan akuntan akan diambil oleh sistem (loss-job), Pengukuran dan penilaian biaya dan manfaat penggunaan teknologi, pada dunia cloud computing dan social networking.

CFO dan CAO tidak cukup hanya memahami manajemen keuangan. Audit laporan keuangan akan berbasis real-time, regulator dan auditor dapat langsung menarik data secara otomatis dari sistem dan sensor melekat pada kegiatan operasional.

Akuntan adalah expert dalam bidang penyedia informasi keuangan, maka teknologi informasi sangat penting menjadi kebutuhan pokok.

Bagaimana merespon masa depan, akuntan perlu melakukan lima hal berikut ini: 1) melakukan investasi pada pengembangan digital skills, 2) menerapkan prototype teknologi baru, sambil learn by doing, 3) pendidikan berbasis international certification dan digital skills, 4) responsif terhadap perubahan industri, bisnis dan perkembangan teknologi, 5) kurikulum dan pembelajaran berbasis human-digital skills.

Oleh karena itu, untuk menghadapi revlusi industri 4.0, akuntan perlu menyiapkan langkah :

  1. Awareness yaitu, akuntan harus aware terhadap perkembangan revolusi industri dengan melihat kesempatan dan perubahan yang akan terjadi. Revolusi Industri 4.0 tidak hanya akan menyebabkan terjadinya loss-job, tapi juga akan menciptakan ruang ruang kerja baru yang mungkin belum pernah ada saat ini.

 

  1. Education, yaitu 1) memberi tekanan pada institusi pendidikan menyesuaikan kurikulum yang relevan untuk program studi akuntansi mengikuti konektivitas digital, 2) memberikan pelatihanpelatihan tertentu, seperti pelatihan koding, manajemen informasi dalam shared platforms, dan keperluan real-time accounting pada stakeholders.

 

  1. Professional Development, yaitu meningkatkan kinerja organisasi profesi akuntan beserta program-program pengembangan profesionalnya untuk melakukan presentasi online maupun face-to-face tentang perkembangan revolusi industri 4.0.

 

  1. Reaching Out, yaitu dimana kontrol akuntan atas data-data keuangan semakin kurang, sehingga sangat penting memahami lingkungannya dengan melakukan transdisciplinary mix of advisers.
Berita Terkait
Komentar
Terkini
Ekonomi

Akhir Tahun, Phinisi Point Mal Bertabur Promo

Terkini.id,Makassar – Phinisi Point tidak henti memberikan menarik bagi pengunjung setianya. Salah satunya dengan menyuguhkan sejumlah promo menarik setiap bulannya. Khusus di bulan November
Sosok

Hari Pahlawan, Begini Pesan Sandiaga Uno

Terkini.id,Jakarta  - Bangsa Indonesia mengenal tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. Mungkin banyak yang belum mengetahui kenapa pada tanggal 10 November tersebut ditetapkan sebagai