Ditangkap Polisi, Pembajak Truk Tangki Pertamina Suka ‘Kencing di Jalan’

Dua mobil tangki pertamina yang dibajak pelaku pada Senin 18 Maret 2019.(ist)

Terkini.id, Makassar – Kepolisian Resort Metro Jakarta Utara akhirnya menetapkan dua orang berinisial M dan N sebagai tersangka.

M dan M terlibat dalam upaya pembajakan dua mobil tangki Pertamina yang dibawa ke arah Istana Negara dan membuat heboh, pada Senin 18 Maret kemarin.

Aksi tersebut ternyata diketahui sebagai bagian dari upaya demostrasi yang ingin mereka lakukan.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto mengatakan dua orang tersangka merupakan aktor atau pihak yang berperan dalam aksi pembajakan tersebut.

“M ikut bersama-sama merampas mobil tangki tersebut. Kemudian ada orang yang berperan sebagai aktor intelektualnya, yaitu atas nama N, dia yang merencanakan dan memberikan perintah kepada para pelaku lain untuk melakukan perampasan ini,” tutur Budhi kepada wartawan.

Seperti diketahui, Jakarta dibuat heboh oleh aksi sejumlah orang yang membajak dua mobil tangki Pertamina.

Mereka rupanya menggelar demo di depan Istana Negara bersama massa Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki (SP-AMT). Massa menyertakan mobil tangki PT Pertamina yang dibajak.

Malam harinya, sebanyak 10 anggota SPT-AMT Pertamija dijemput oleh pihak Polres Metro Jakarta Utara. Salah satu anggota SP-AMT Pertamina Chori menduga penjemputan rekan-rekannya itu terkait aksi pembajakan dua mobil tangki berisi biosolar untuk digunakan dalam aksi pagi tadi.

Kencing di Jalan

Rupanya, para anggota SPT-AMT tersebut adalah mantan karyawan anak grup pertamina, yakni Pertamina Patra Niaga yang bekerja secara outsourching.

Mereka protes karena terkait dengan masalahnya dengan pihak Pertamina, dan pemberhentian mereka.

Sementara itu, Pihak Pertamina Patra Niaga menyampaikan, awak mobil tangki yang membajak mobil itu awalnya diberhentikan oleh perusahaan karena masalah pelanggaran.

Salah satu pelanggaran berat yang mereka lakukan adalah penyelundupan pasokan BBM.

“Mereka menyimpangkan peruntukan minyak yang mereka angkut. Istilahnya ‘kencing di jalan’,” katanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Politik

Hasil Konferda, KSB PDIP Sulsel Dipertahankan

Terkini.id -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Sulawesi Selatan baru saja menyelesaikan Konferensi Daerah (Konferda) di Hotel Claro Makassar,