Ditegur KPK Soal Postingan ‘Kacamata’, Mulan Jameela Janji Jaga Diri dari Korupsi

Mulan Jameela
Anggota DPR RI Mulan Jameela. (Foto: Tempo)

Terkini.id, Jakarta – Postingan anggota DPR fraksi Gerindra Mulan Jameela yang memakai kacamata merek mahal, Gucci, ditanggapi oleh sejumlah pihak.

Beberapa pihak bahkan menilai unggahan Mulan tersebut dapat berpotensi merusak citra dan kehormatan DPR RI.

Diketahui, Mulan Jameela kedapatan memposting foto kacamata di Instagram pribadinya pada Kamis, 17 Oktober 2019, kemarin.

Postingan tersebut sontak menuai kritikan dari sejumlah pihak lantaran caption dalam unggahannya itu menunjukkan bahwa kacamata yang dipakai Mulan tersebut diberi secara “cuma-cuma” oleh sebuah optik.

“Bismillahirrahmanirrahim… Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya…,” tulis Mulan Jameela di keterangan unggahan fotonya di Instagram.

Akibat unggahannya itu, Mulan pun menuai teguran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, jatuhnya seseorang sering berawal dari pintu sederhana seperti ditraktir minum kopi.

“Isu utama dari jatuhnya sesosok rezim atau perorangan itu sering masuk dari pintu yang sesederhana seseorang ditraktir minum Kopi di warung, apalagi kacamata bermerek,” kata Saut, seperti dilansir dari Detik, Sabtu, 19 Oktober 2019.

Saut menyebutkan, seorang penyelenggara negara harus jauh dari konflik kepentingan. Saut juga bicara tentang norma dan etika sebagai pejabat publik yang harus diperhatikan oleh seseorang yang sedang menjabat.

Dia mengingatkan aturan bagi seorang pejabat untuk menolak ataupun melaporkan segala pemberian dari pihak lain kepada KPK.

Penolakan ataupun pelaporan itu, kata Saut, harus dilakukan karena sulit memahami apakah suatu pemberian ke pejabat berkaitan atau tidak dengan posisi sebagai penyelenggara negara.

Menanggapi pernyataan dari Saut Situmorang, Mulan berterima kasih atas atensi dari KPK. Teguran dari KPK dianggap Mulan sebagai masukan yang membangun.

“Saya ucapkan terima kasih untuk Bapak Saut Situmorang selaku Wakil Ketua KPK, sudah memberikan masukan yang sangat positif untuk saya secara pribadi. Dan ini bisa jadi pelajaran untuk semua pihak,” tulis Mulan Jameela di Instagramnya, Jumat, 18 Oktober 2019.

Selain itu, Mulan juga berjanji akan menjaga diri dari korupsi.

“Dan insyaallah saya beserta Partai Gerindra akan selalu menjaga kebersihan dari korupsi,” sebut Mulan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini