Ditemukan Perbedaan Rekap C1 dan Quick Count KPU, Suara Appi-Cicu Beda Jauh

Terkini.id, Makassar – Sebuah foto yang menunjukkan hasil rekap C1-KWK dan hasil hitung cepat atau quick count versi website KPU, menjadi perhatian banyak netizen, Jumat 29 Juni 2018.

Perbedaan Rekap di TPS 6 Bontoduri, Tamalate

Dokumen C1-KWK tersebut menunjukkan hasil rekapitulasi suara Pemilihan Wali Kota Makassar di TPS 6, Kelurahan Bontoduri, Kecamatan Tamalate, Makassar.

Menjadi perhatian, karena hasil rekapitulasi tersebut berbeda yang hasil rekapitulasi quick count yang bisa dilihat secara real-time di website KPU.

Dalam dokumen C1-KWK yang berisi hasil rekapitulasi itu, terlihat Pasangan Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) meraup 96 suara. Sedangkan kolom kosong, sebesar 138 suara. Itu terjadi di TPS 6 Kelurahan Bontoduri, Kecamatan Tamalate.

Sementara, versi hitung cepat atau quick count KPU melalui website, terlihat jumlah orang yang pilih Appi-Cicu, mencapai 238 suara, sedangkan yang memilih kolom kosong cuma 1 suara.

Terkini.id mencoba mengecek kebenarnnya melalui website infopemilu.kpu.go.id, dan nilai itu memang benar.

Perbedaan Rekap di TPS

Bukan hanya itu saja. Netizen juga menemukan perbedaan pada C1-KWK di TPS 11 Kelurahan Pabaeng-baeng, Tamalate.

Dalam rekap tersebut, dijelaskan, Appi-Cicu meraup 117 suara, dan kolom kosong 117 suara. Sementara, hasil rekap di website KPU yang diakses melalui alamat ini, menunjukkan 232 orang memilih Appi-Cicu, dan kolom kosong cuma dua suara.

Baca juga: Lawan kotak kosong pun, Appi-Cicu tetap berpotensi kalah

Perbedaan tersebut membuat KPU Makassar dituding masuk angin oleh netizen. “Waowwww, luar biasa ini KPU pandai menyulap memang. Ko bisa beda yah… #KPU_MasukAngin #TetanggaMauJenkkong,” jelas Ucha Fauzi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi terkait beredarnya foto perbedaan rekap ini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini