Ditetapkan Tersangka, Istri Bos Abu Tours Paling Tahu Aliran Uang Jamaah Umrah

istri hamzah mamba, bos abu tours
Istri Hamzah Mamba, Nur Syariah alias Ria ikut ditahan Polda Sulsel.

Terkini.id, Makassar – Istri Bos Abu Tours Hamzah Mamba, Nur Syariah alias Ria ikut ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan, penggelapan, dan pencucian uang oleh oleh penyidik polisi.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan berdasarkan penyidikan kepolisian, Ria diduga paling mengetahui aliran dana tersebut.

Dana tersebut terutama yang berasal dari setoran uang jemaah dari 15 provinsi se-Indonesia yang berpusat di Makassar.

“Dia (istri Hamzah Mamba) menjabat sebagai komisaris di perusahaan suaminya PT Abu Tours yang berpusat di Makassar,” kata Dicky saat merilis kasus ini, Rabu 11 Juli 2018.

Dicky menyebutkan, bahwa sebagai komisaris tentu tersangka Ria mengetahui aliran dana perusahaan Abu Tours tersebut.

“Alur aliran pembayaran-pembayaran di PT Abu Tours. Karena dia bertugas mengendalikan lalu lintas keuangan untuk Abu Tours,” ungkap Dicky

Hanya saja, Dicky belum bisa menjelaskan kemana saja aliran uang setoran jamaah Abu Tours. Pada intinya, Ria ikut menikmati uang yang seharusnya disalurkan untuk kepentingan jemaah. Malah digunakan untuk kepentingan pribadi.

Baca :Disidik Polda, ini kasus yang bisa menjerat bos Abu Tours

“Sehingga puluhan ribu jemaah terlantar dan gagal umrah,” terang Dicky

Bukan Cuma Istri

Sejauh ini, penyidik Polda Sulsel telah menetapkan tersangka lain masing-masing Bos Abu Tours Hamzah Mamba, Komisaris bernama Chaeruddin dan mantan direktur keuangan Muhammad Kasim.

Baca: Cerita Nurdin Abdullah Jadi Tukang Pel Sekolah dan Jualan Batu Bata

Penyidik, kata Dicky, menduga para tersangka saling tahu dalam memanfaatkan dana jemaah umrah untuk kepentingan pribadi.

“Karena Chaeruddin mendapatkan bonus dari Hamzah Mamba berupa rumah tinggal, mobil, dan ongkos haji dan umrah bersama keluarga,” sebut Dicky.