Dompet Dhuafa Sulsel Gelar Pelatihan PFA Bagi Relawan Psikologis

Dompet Dhuafa Sulsel
Dompet Dhuafa Sulsel Gelar Pelatihan PFA Bagi Relawan Psikologis

Terkini.id, Makassar – Bencana alam memang tidak hanya menyebabkan masyarakat menjadi kesulitan mendapatkan pangan, tetapi juga menimbulkan efek traumatik bagi masyarakat yang terkena musibah tersebut.

Belum lagi suasana kehidupan yang serba darurat, terutama di tempat-tempat pengungsian membuat para korban sering merasa tertekan dan mengalami kondisi depresi maupun faktor psikologis lainnya.

Oleh karena itu, Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan menggelar pelatihan Pertolongan Pertama Pskilogis (PFA) untuk relawan-relawan psikologis yang akan diberangkatkan ke lokasi bencana di Sulawesi Tengah dan daerah lainnya.

Psychological First Aid (PFA) merupakan salah satu program unggulan Dompet Dhuafa. Tim PFA inilah yang akan membantu memulihkan psikologi pengungsi agar mental mereka kembali pulih. Rencananya, tim PFA Dompet Dhuafa akan diterjunkan dalam beberapa hari kedepan.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel, Rahmat HM, mengatakan bahwa relawan psikologis ini sangat penting hadir di daerah bencana, termasuk di Makassar sendiri karena banyak juga peyintas yang ada di kota ini selain yang ada di Palu, Sigi, Donggala, dan sekitarnya.

Oleh karena itu pihaknya menggelar pelatihan ini agar banyak dari relawan kami yang siap untuk berangkat ke daerah bencana di Indonesia.

“Nantinya, tim PFA akan menyasar ibu-ibu, anak-anak dan orang-orang lanjut usia di daerah pengungsian, baik yang sudah ada di Makassar mau pun di daerah Palu dan sekitarnya,” kata Rahmat di Hotel Fave Daeng Tompo, Minggu, 7 Oktober 2018.

Materi pelatihan diberikan langsung oleh Maya Sita (Manager Human Capital Dompet Dhuafa) dan juga Ricky Firmansyah dari Indonesia Mental Health Association.

Pada hari Senin besok, 8 Oktober 2018, materi akan dilanjutkan dengan pratek langsung di lokasi penyintas yang ada di Kota Makassar.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa, petugas medis, dan masyarakat umum dan didukung oleh Management Fave Hotel Daeng Tompo Makassar.

Citizen Reporter : Syarif (Marketing Communication Dompet Dhuafa Sulsel)

Komentar

Rekomendasi

Rutan Kelas I Makassar Ajak Insan Pers  Kolaborasi Dukung Resolusi Pemasyarakatan 2020

Dorong Peningkatan Smart City, Pemkot Hadirkan 50 Pengusaha Jepang

Kasus Dugaan Korupsi APBD, Dispora Penuhi Panggilan Polisi

Polemik Aplikasi Pengukur Kinerja ASN, Ini Penjelasan Staf Khusus Walikota Makassar

Kisruh ASN Pemkot Makassar Soal TPP Telah Selesai

Sidak Pasar Baru, DKP Makassar Temukan Produk Kedaluwarsa

Ini Tanggapan Gubernur Terkait Pilwali Makassar Masuk Kategori Rawan Konflik

Joki Tes CPNS di Makassar Ditangkap

Satpol PP Makassar Berkecamuk, Begini Reaksi Penjabat Wali Kota Makassar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar