Dorong Minat Literasi Generasi Muda, Institut Pemuda Barru Gelar Kemah Inspirasi

Institut Pemuda Barru
Dorong Minat Literasi Generasi Muda, Institut Pemuda Barru Gelar Kemah Inspirasi

Terkini.id, Barru – Kondisi literasi di Indonesia yang rendah dan kurangnya kepedulian pemuda serta pelajar dalam dunia literasi dan isu-isu terkait kondisi sosial masyarakat menjadi salah satu persoalan yang dihadapi bangsa ini.

Hal itulah yang menjadi motivasi dari komunitas Institut Pemuda Barru untuk mengadakan kemah inspirasi di Desa Paccekke, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sabtu hingga Minggu, 16-17 November 2019.

Kemah Inspirasi sendiri merupakan kegiatan literasi dan pengembangan pemuda serta pelajar yang digagas oleh Institut Pemuda Barru.

Institut pemuda Barru merupakan komunitas pemuda yang didirikan oleh beberapa pemuda di Barru yang bertujuan untuk menangani permasalahan pemuda dan pelajar, khususnya di bidang literasi dan pengembangan kepemudaan.

“Komunitas Institut pemuda Barru adalah komunitas Pemuda yang konsen terhadap persoalan kepemudaan, literasi, sosial masyarakat, seni budaya dan ekonomi kreatif. Komunitas ini didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi pelajar dan pemuda di Barru,” ujar Wahyu Syahrir, Koordinator eksekutif Institut Pemuda Barru.

Wahyu menerangkan, Komunitas Institut Pemuda Barru didirikan di Kabupaten Barru pada bulan Oktober 2019 yang lalu. Komunitas ini bertujuan untuk menjadi wadah yang progresif dan konstruktif bagi pengembangan pelajar dan pemuda Barru.

“Kemah inspirasi dilaksanakan selama 2 hari yakni hari Sabtu dan Minggu, kegiatan perkemahan ini bertujuan untuk mengenalkan program komunitas serta melakukan pengembangan literasi kepada para pelajar dan pemuda di Barru, peserta yang ikut merupakan Anggota OSIS perwakilan dari beberapa sekolah menengah atas,” kata Erlan Ervandy selaku Ketua Panitia Kemah Inspirasi Institut Pemuda Barru.

Tindak lanjut dari kegiatan kemah inspirasi ini nantinya, kata Erlan, yakni mengajak para peserta untuk menulis dan menerbitkan buku dalam bentuk antologi.

“Follow up kegiatan kemah inspirasi adalah mengajak para peserta untuk menulis dan menerbitkan buku dalam bentuk antologi, kami rencanakan sekitar 1 bulan ke depan kita sudah terbitkan buku atas nama komunitas sebagai karya peserta kemah inspirasi,” ucap Wahyu Syahrir.

Kegiatan kemah inspirasi ini diharapkan mampu menumbuhkan minat dan bakat serta potensi pemuda dan pelajar di Kabupaten Barru untuk aktif dalam kegiatan literasi, aktif menulis, membaca dan membuka wawasan peserta terkait persoalan sosial yang terjadi saat ini.

“Kita berupaya menjadi komunitas yang produktif dan progresif, tidak sekedar berkomunitas tapi juga mampu memberi manfaat dan menginspirasi masyarakat, itu harapan kami,” tuturnya.

Kegiatan kemah inspirasi Institut pemuda Barru ditutup dengan deklarasi kepemudaan untuk meningkatkan semangat, solidaritas dan rasa tanggung jawab peserta.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan kemah inspirasi ini para peserta dapat memahami pentingnya dunia literasi serta termotivasi untuk meningkatkan potensi dirinya bagi kemajuan bangsa dan negara,” pungkas Wahyu.

Komentar
Terkini