Dorong SD di Makassar Menuju Adiwiyata Mandiri, JICA Beri Edukasi Lingkungan Hidup

JICA
Dorong SD di Makassar Menuju Adiwiyata Mandiri, JICA Beri Edukasi Lingkungan Hidup

Terkini.id, Makassar – Sekolah Hartaco Indah di Makassar yang sedang menuju pada level Adiwiyata Mandiri, menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan diskusi Pendidikan Lingkungan Hidup sekaligus penandatanganan kerja sama (MoU) bersama pihak sekolah.

Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Junior Expert bidang Pendidikan Lingkungan Hidup Japan International Cooperation Agency (JICA), Mr. Tsubasa Koshimizu yang ditugaskan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

Inisiasi kegiatan ini dimediatori oleh Direktur Rumah Senyum Sehat, Zhuchri Kasman melalui programnya Ekstrakurikuler Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja sebagai mitra pendamping Mr. Tsubasa selama berkegiatan di sekolah ke depannya.

Acara ini berlangsung pada Kamis, 22 Agustus 2019. Kegiatan dimulai dengan dibuka oleh moderator, Zhuchri Kasman yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan diri oleh Mr. Tsubasa di hadapan kepala sekolah dan guru yang mewakili.

Kegiatan kemudian diisi dengan acara menikmati santapan tanpa sampah sambil dibuatkan perjanjian kerja sama bagi sekolah yang hadir di pertemuan tersebut.

Setiap sekolah secara bergantian bertandatangan bersama Mr. Tsubasa Koshimizu. Di akhir kegiatan, para kepala sekolah dan yang mewakili, bersama Mr. Tsubasa Koshimizu meneriakkan yel-yel untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata.

“Kegiatan ini akan ada untuk menjalin kerja sama yang baik dengan pihak sekolah, dan program Ekskul Dokcil KKR siap menemani para ahli JICA ini dalam menjalankan kegiatannya selama di kota Makassar, seperti para ahli muda (Junior Expert) sebelumnya sejak 2012,” tutur Zhuchri, Direktur program Ekskul Dokcil.

Sementara itu, Junior Expert JICA, Mr. Tsubasa Koshimizu mengatakan, pihaknya ingin membantu sekolah di Makassar agar lebih peduli akan wawasan lingkungan.

“Saya ingin membantu sekolah di Makassar untuk bisa menjadi lebih peduli dan menjadikan karakter akan wawasan lingkungan yang sekolah telah ajarkan dan saya sendiri berikan kepada sekolah nantinya,” ujarnya.

Adapun sekolah yang hadir pada pertemuan tersebut di antaranya SDI Hartaco Indah, SDI Mallengkeri Bertingkat I, SDI Maccini Baru, SDI Kampus IKIP, SDI Andi Tonro, SMPN 46, SDI Unggulan BTN PEMDA, SDN Unggulan Mongisidi I, SDN Kakatua, SDN Bontorannu II, SDN Mannuruki, SDN Parang Tambung I dan SDI Pa’baeng-Baeng.

Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung di beberapa sekolah di Makassar hingga  April 2020.

Berita Terkait
Komentar
Terkini