Dosen FKM Unhas Beri Edukasi Personal Hygiene Bagi Orangtua Anak Jalanan

Dosen FKM Unhas Beri Edukasi Personal Hygiene Bagi Orangtua Anak Jalanan

Terkini.id, Makassar – Sabtu, 11 Agustus 2018, tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) memberikan edukasi personal hygiene kepada 20 orangtua anak jalanan yang berlokasi di Pesantren Pondok Madinah, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar.

Kegiatan ini merupakan program kemitraan antara Tim Abdimas Unhas dan Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ) wilayah Kokam Unhas. KPAJ adalah mitra proaktif dalam mendukung perbaikan taraf hidup sehat komunitas anak jalanan dan keluarganya.

Tim Abdimas yang diketuai oleh Dr Suriah mengemukakan bahwa kegiatan ini dapat menghasilkan skill tentang perawatan kesehatan diri bagi keluarga anak jalanan.

“Dengan memberikan edukasi kepada keluarga anak jalanan terutama kepada ibu sebagai pendidik utama dalam keluarga diharapkan agar anak-anak mereka tidak lagi berkeliaran hidup tidak sehat di jalanan,” terangnya.

Dosen FKM Unhas memberikan edukasi personal hygiene ke para peserta

Penyampaian materi edukasi membuat para peserta sangat antusias menanggapi karena disajikan dengan metode yang interaktif dalam bentuk presentasi, simulasi, dan diselingi games-games menarik serta pemutaran video.

Untuk lebih menggugah rasa ingin tahu peserta, tim Abdimas menstimulasi mereka untuk memperagakan hasil edukasi.

Peserta yang berhasil melakukan demonstrasi dengan benar kemudian mendapatkan informan gift dari tim Abdimas yang diketuai oleh Dr Suriah SKM MKes, dan beranggotakan Muhammad Rachmat SKM MKes, Dr Healthy Hidayanti SKM Mkes, serta Dr Apik Indarty, SKM MKes.

Kegiatan seperti ini sangat didukung dan difasilitasi oleh pihak Unhas melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).

LP2M Unhas setiap tahunnya menyediakan dana bagi dosen untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai skim dan tema termasuk dalam hal ini isu kesehatan masyarakat yang diharapkan dapat memperbaiki status kesehatan masyarakat bagi sasaran spesifik seperti anak jalanan dan orangtua anak jalanan.

 

Citizen Reporter : Fatmawaty (Panitia Kegiatan)

Berita Terkait
Komentar
Terkini