Dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar Latih Warga Pulau Sabutung Buat Produk Olahan Ikan

STKIP Pembangunan Indonesia
Dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar Latih Warga Pulau Sabutung Buat Produk Olahan Ikan

Terkini.id, Pangkep – Sejumlah Dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Pulau Sabutung, Pangkajene Kepulauan, Selasa 20 Oktober 2020.

Dalam kegiatan itu Dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar menggandeng Yayasan Kajian Pemberdayaan Masyarakat Sulawesi Selatan (YPKM) yang membawahi Sekolah Perempuan di Pulau Sabutung.

Salah satu Dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar Widiastini Arifuddin, S.Si.,M.Si mengatakan kehadiran pihaknya di Pulau Sabutung dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan motivasi anggota komunitas Sekolah Perempuan dalam memanfaatkan potensi lokal kepulauan.

“Potensi yang dimaksudkan adalah peluang usaha untuk produk olahan ikan,berupa ikan kripsi, kerupuk ikan dan sambel ikan memiliki peluang usaha yang menjanjikan untuk dikembangkan dalam skala usaha mikro,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pemanfaatan ikan hasil tangkapan menjadi produk olahan ikan siap konsumsi akan memberikan nilai tambah terhadap pendapatan harian keluarga.

Menarik untuk Anda:

“Ini sebagai upaya strategi penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan perempuan,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan tim pelaksana akan memberikan penyuluhan bagi anggota komunitas Sekolah Perempuan dalam mengembangkan perekonomian melalui pemanfaatan potensi lokal setempat. 

“Minimnya informasi mengenai peluang usaha olahan ikan, menyebabkan anggota sekolah yang didominasi oleh ibu rumah tangga, tidak dapat memanfaatkan peluang tersebut. Melalui kegiatan ini maka anggota komunitas dapat termotivasi dalam mengejar peluang olahan ikan siap konsumsi,” jelasnya.

Bahkan, kata Widiastini, bukan hanya penyuluhan akan diberikan. Namun anggota komunitas dilatih mengolah ikan hasil tangkapan menjadi produk olahan ikan. 

“Melalui kegiatan ini, anggota komunitas  diberikan pelatihan mulai dari pengemasan dan pemberian produk yang menarik, hingga teknik pemasaran produk baik di dalam maupun di luar pulau,” tutupnya.

Dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar yang melakukan pengabdian masyarakat di Pulau Sabutung diketuai oleh Maisya Zahra Al Banna, S.Si.,M.Si dan anggota timnya yaitu Widiastini Arifuddin, S.Si.,M.Si dan Sulfaidah, S.Pd.,M.Pd.

Citizen Reporter : Fitrah 

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Lahan Pertanian Kering, Anir-Lutfi Rencanakan Perluas Bendungan Tabo-tabo

Bangun Pilkada Sejuk dan Santun, Anir-Lutfi Sambangi Posko Rival

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar