Dosen UMI Gelar Pelatihan Public Speaking di Pesantren Mizanul Ulum Takalar

Dosen UMI Gelar Pelatihan Public Speaking di Pesantren Mizanul Ulum Takalar

Terkini.id, Takalar – Tim pengabdian Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar Pelatihan Public Speaking dan Persentasi di sekolah Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone Takalar, Jumat, 25 September 2020.

Pelatihan tersebut merupakan kegiatan kedua yang dilakukan untuk membenahi public speaking dan presentation para siswa.

Mengingat masa pandemi Covid-19, kegiatan kali ini melibatkan 10 perwakilan siswa dari kelas 1 hingga kelas 3 Madrasah Aliyah.

Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Hadawiah, Se, M.Si dengan anggota Zelfia, SIP, MM, M.Sos ini tidak hanya memberikan materi namun juga disertai dengan praktek public speaking.

“Jika kita ingin percaya diri berbicara di depan umum harus dipersiapkan beberapa hal mulai dari memahami materi, mempersiapkan fisik, survey lokasi dan persiapan alat. Dan yang lebih penting juga bagi para siswa adalah harus mampu mengatur waktu dengan baik, disiplin dan menghargai waktu,” ujar pemateri dalam kegiatan tersebut.

Menarik untuk Anda:

“Dalam berinteraksi, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, siswa harus membiasakan diri dengan bertutur kata yang baik dan lemah lembut sesuai dengan nilai-nilai Islam,” sambungnya.

Sejumlah peserta yang hadir merasa takjub dan merespon positif kegiatan PKM dosen UMI ini, seperti yang diungkapkan salah seorang peserta.

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, saya lebih percaya diri dalam menyampaikan gagasan di depan umum,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PKM yang juga merupakan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Hadawiah mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan memberi keterampilan kepada siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan public speaking yang baik di dalam kelas, dan dapat melakukan presentasi yang baik dan efektif.

Citizen Reporter : Uswatun Hasanah

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Ini yang Dilakukan Himatep FIP UNM

Perayaan Semarak Bulan Bahasa, Himaprodi PBSI UNM Bagi Masker dan Gelar Seminar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar