Dosen UNM Adakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru di Enrekang

Terkini.id, Enrekang – Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, ‎mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Oleh karena itu, peranan guru ‎dalam memajukan pendidikan dan menyiapkan sumber daya manusia
yang berkualitas ‎sangat penting dan strategi.

Mengingat pentingnya peranan guru dalam memajukan pendidikan ‎nasional dan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, guru yang berkualitas di masa ‎sekarang dan di masa yang akan datang mutlak diperlukan.

Baca Juga: Beredar Chat Oknum Dosen UNM Bantah Lakukan Pelecehan Seksual

Untuk itu, seorang guru harus ‎senantiasa melakukan pengembangan profesi.

Pengembangan keprofesian berkelanjutan meliputi ‎sub unsur pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Baca Juga: Dosen UNM Bimbing Pembuatan Alat Kontrol Pengaman Listrik di SMK...

Publikasi ilmiah dapat ‎meliputi publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif pada
bidang pendidikan ‎formal dan publikasi buku teks pelajaran.

Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa
guru-guru harus ‎melakukan pengembangan diri. Salah satu pengembangan diri yang dapat dilakukan oleh guru adalah membuat karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. ‎

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Terpadu Dosen Jurusan Biologi Fakultas ‎Matematika dan
Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar telah terlaksana ‎Kabupaten Enrekang.

Salah satu kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah “PKM ‎Pelatihan Penulisan Artikel
Ilmiah bagi Guru-Guru di Kabupaten Enrekang” diketuai oleh Dr. ‎Arsad Bahri, S. Pd., M. Pd dan
Dr. Sultan, S.Pd, M.Pd sebagai anggota. Kegiatan ini terlaksana ‎pada tanggal 20–21 Juli 2019
di SMP Negeri 1 Enrekang. ‎

Baca Juga: Dosen UNM Bimbing Pembuatan Alat Kontrol Pengaman Listrik di SMK...

Ketua Tim, Arsad Bahri menuturkan bahwa dengan melakukan publikasi, guru-guru ‎dapat menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan gagasannya kepada masyarakat ilmiah ‎sehingga masyarakat dapat mengimplementasikan hasil-hasil penelitian atau gagasan ‎kritis tersebut untuk
meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita.

Selain itu, hasil-hasil ‎penelitian yang dipublikasikan ini juga dapat dimanfaatkan oleh semua pemangku ‎kepentingan, termasuk dinas pendidikan dan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan ‎kualitas pendidikan.

“Kegiatan ini penting untuk mengatasi masalah yang sering dihadapi ‎para guru yang kesulitan mempublikasikan hasil penelitiannya sebagai salah satu ‎persyarakatan kenaikan pangkat,” tuturnya.

Hasil dari program ini adalah para guru yang ‎menjadi peserta pelatihan merasa bahwa mereka sudah mulai memiliki gambaran tentang ‎bagaimana menulis sebuah artikel ilmiah. Keberlanjutan dari kegiatan ini adalah pendampingan ‎para guru peserta pelatihan untuk menghasilkan sebuah artikel yang akan dikirim ke jurnal.

Citizen Report: Arsad Bahri

Bagikan