Masuk

DPRD Makassar: Aplikasi e-Ro’Ta Bagian dari Program Smart City Wali Kota

Komentar

Terkini.id, Makassar – Humas DPRD Makassar Muhammad Akbar Rasyid mengatakan bahwa aplikasi e-Ro’Ta yang baru saja diluncurkan adalah inovasi terbaru yang digagas Sekretaris DPRD Kota Makassar, Dahyal.

Menurut Akbar, aplikasi e-Ro’Ta merupakan bagian dari program besar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto yang ingin menjadikan Makassar sebagai kota Smart City.

“Aplikasi ini bagian dari program besar Pak Wali Kota Makassar Danny Pomanto yang ingin Makassar menjadi kota Sombere and Smart City,” kata Ocha, sapaan akrab Akbar Rasyid.

Baca Juga: Temui Wali Kota Makassar, Anggota DPRD Sulsel Adam Muhammad Sampaikan Aspirasi Konstituennya

Ocha pun mengatakan, aplikasi e-Ro’Ta berbeda dengan aplikasi Ajang Aspirasi Masyarakat atau ‘Ajamma’ yang telah hadir sebelumnya.

“Ajamma itu tempat masyarakat mengungkap keluh kesahnya sementara e-Ro’Ta adalah reses yang terdigitalisasi,” jelas Ocha, dikutip dari Abatanews.com, Selasa 27 September 2022.

Aplikasi ini, kata Ocha, juga nantinya akan bisa diakses dengan mudah melalui smartpohone android. Sistem ini juga akan menjadi bentuk pertanggungjawaban anggota DPRD Makassar kepada konstituen serta memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi.

Baca Juga: Anggota DPRD Makassar Ari Ashari Gelar Sosialisasi Perda Tentang PDAM

Pihaknya pun menjelaskan, nantinya aspirasi masyarakat dalam pelaksanaan reses akan ditampung melalui aplikasi e-Ro’Ta. Dari situ kemudian akan menjadi acuan bagi anggota dewan dalam mengusulkan program.

“Itu nanti akan menjadi satu pokir (pokok pikiran). Jadi bisa dipertanggungjawabkan bahwa pokok pikiran dari anggota DPRD tersebut memang ada usulan masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, Ocha mengatakan aplikasi e-Ro’Ta merupakan bentuk upaya DPRD Makassar untuk terus memberikan kemudahan akses dan keterbukaan dengan memanfaatkan teknologi.

“DPRD Makassar juga memiliki layanan whatsapp melalui nomor: 08114110309 (PPID). Masyarakat bisa menguhubungi nomor itu jika ada pertanyaan seputar DPRD Makassar maupun aplikasi e-Ro’Ta secara khusus,” pungkasnya.