dr Andika Meninggal, Sudah 72 Dokter di Indonesia Gugur karena Covid-19

dr Andika Kesuma, dokter spesialis paru yang meninggal dunia akibat covid-19.(ist)

Terkni.id, Jakarta – Seorang dokter di Medan yang diketahui bernama dr Andika Kesuma Putra Sp.P (K) meninggal dunia akibat terpapar covid-19.

Dokter spesialis paru itu menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Columbia Asia, Kota Medan, Sabtu 1 Agustus 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Alwi Mujahit membenarkan meninggalnya salah satu dokter spesialis tersebut.

Alwi mengungkapkan, selama pandemi, korban memang menangani pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit rujukan di Kota Medan. Diduga dokter Andika terpapar virus mematikan tersebut saat tengah menjalani tugasnya.

“Ada tiga dokter yang terlibat langsung penanganan COVID-19 yang meninggal. Salah satunya adalah dr Andika Kesuma,” jelas dia dikutip dari wartaekonomi.

Menarik untuk Anda:

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Medan, dr Wijaya Juwarna Sp-THT-KL mengungkapkan, Andika termasuk generasi emas dokter Spesialis paru di Sumut. Dia mengucapkan turut duka cita atas meninggalnya dokter muda itu.

Andika diketahui memang aktif membantu penanganan pasien COVID-19 di sejumlah rumah sakit.
 
“Dia juga menangani pasien COVID-19 langsung di RS Columbia Asia Medan, sempat juga di RS GL Tobing bergabung di Gugus Tugas. Jadi, hari-harinya memang merawat pasien COVID-19,” jelas Wijaya.

Dokter Andika, sebelum meninggal sempat menjalani perawat di RS Columbia Asia selama dua pekan. Namun, kondisinya terus menurun dan akhirnya meninggal dunia pada Sabtu, hari ini, 1 Agustus 2020.

“Semoga darmabakti, dedikasi, dan pengabdian beliau akan menjadi suri teladan dan menjadi pendorong semangat bagi tenaga kesehatan dan relawan medis lainnya,” kata Wijaya.

Sudah 72 Meninggal Dunia

Humas IDI Cabang Makassar, dr Wachyudi Muchsin mengungkapkan, setelah meninggalnya dokter Andika, kini tercatat ada 72 dokter di seluruh Indonesia yang meninggal karena covid-19.

“72 Dokter seluruh Indonesia telah gugur karena Covid-19. terakhir dokter Andika spesialis paru di Medan. Meninggal karena Covid-19, AlFatihah buat pahlawan kesehatan,” tulis Wachyudi Muchsin lewat akun media sosialnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kakek Penghina Islam Apollinaris Darmawan Ditetapkan Tersangka, Polisi: Dia Punya Ideologi Lain

Viral Gadis Cantik Hilang di Pemekasan, Diduga Diculik Mantan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar