Dubes Amerika sebut dana Rp 1,6 triliun untuk bangun PLTB Sidrap itu hibah

Duta Besar Amerika Serikat di Jakarta, Joseph R Donovan Jr (kedua kiri). (terkini.id/hasbi)

Terkini.id, Makassar – Duta Besar Amerika Serikat di Jakarta, Joseph R Donovan Jr, melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah PLN Sulawesi Selatan Barat dan Tenggara (Sulselrabar), Jalan Letjen Hertasning, Kamis 8 Maret 2018.

Dalam kunjungan tersebut, Joseph mengungkapkan, Amerika akan terus melakukan kerja sama untuk membantu Indonesia memenuhi target ketersediaan listrik tahun 2018.

“Salah satu cara kita adalah memberikan technical assisten untuk pembangkit-pembangkit energi listrik terbarukan. Selain itu, kita memberikan dana hibah Rp1,6 triliun untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap,” jelas Joseph, kepada wartawan.

Joseph menjelaskan, bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah Amerika Serikat, untuk menjalin hubungan dan kerja sama dengan Indonesia, dalam memajukan inovasi dan teknologi terbaik yang efektif.

Untuk diketahui, Amerika Serikat, melalui salah satu investornya, membangun pembangkit listrik kincir angin di Sidrap, dengan kapasitas 75 megawatt. Investasinya dilaporkan sekitar USD150 juta (sekitar Rp1,9 triliun).

Baca juga:

Dengan budget investasi yang besar ini, Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, ragu investor tersebut bisa untung sesuai target. Pasalnya, listrik PLTB bergantung angin yang tidak menentu. Bisa saja listrik yang dialirkan tidak sampai 75 megawatt. Mungkin cuma sekitar 30 megawatt.

Dengan klaim Amerika bahwa anggaran Rp1,6 triliun tersebut lebih berbentuk dana hibah, Joseph menunjukkan Amerika tidak mencari untung besar dari proyek tersebut.

Kontrak jual beli dengan PLN

Sementara itu, Kepala Divisi Operasi PT PLN Wilayah Sulawesi, Yohanes Sukrislismono, menyebutkan, dana sebesar Rp1,6 miliar dari Amerika itu peruntukannya untuk berbacai macam.

“Mungkin termasuk studi-studi, sehingga disebut hibah,” jelas Yohanes, kepada wartawan.

PLN sendiri, sudah melakukan kontrak perjanjian jual beli listrik dengan pembangkit listrik PLTB Sidrap. “Kita bayar Rp 1.600 sekian per Kwh untuk PLTB Sidrap tersebut,” jelas dia.

Komentar

Rekomendasi

Silaturahmi Virtual Dongkrak Penggunaan Layanan Data Telkomsel

25 Tahun Telkomsel: Memaknai Konsistensi Melayani Negeri, Terus Bergerak Maju Bersama Indonesia

Cara Berbagi Kebahagiaan dengan LinkAja di Hari Raya Lebaran

9 Cara Membangun Brand Usaha Setelah Pandemi

Sambut Idul Fitri 1441 H, Telkomsel Area Pamasuka Siagakan 52.100 BTS

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar