Makassar Terkini
Masuk

Luhut Diduga Terlibat Pengunduran Pilpres 2024, Warganet: Penasehat Fir’aun Era Modern

Terkini.id, Jakarta – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan diduga terlibat dalam usulan pengunduran pilpres 2024.
 
Dalam hal ini, Ketua majelis jaringan aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule turut menaggapi.
 
“Aneh, kenapa pemerintah lewat Luhut ngotot tunda pemilu?” kata Iwan dikutip dari laman Posisi Cerdas pada Rabu, 2 Maret 2022.
 
Iwan menduga, kemunculan wacana ini didorong oleh pemerintah yang tidak berani melawan konstitusi karena tak memiliki uang untuk penyelenggaraan Pemilu.  
 
“Makanya jangan korupsi, kelola negara dengan benar, supaya nanti punya uang selenggarakan pemilu,” kata Iwan.
 
Dugaan keterlibatan Luhut ini menuai banyak komentar dari warganet.
 
“Pengendali empat elemen. Ibarat di zaman firaun dialah HAMAN, seorang penasihat Fir’aun dan pelaksana proyek pembangunan menara” tulis akun @RajaSuspend_.

 

Tak hanya warganet yang banyak mengecam usulan ini. Tanggapan dari para pakar terus bermunculan. Salah satunya Yusri Ihza Mahendra, ahli hukum tata negara.
 
Baginya, penundaan Pilpres 2024 akan menimbulkan dampak buruk bagi bangsa dan negara.
 

“Jadi, jika Pemilu ditunda melebihi batas waktu lima tahun, maka atas dasar apakah para penyelenggara negara itu menduduki jabatan dan menjalankan kekuasaannya? Tidak ada dasar hukum sama sekali,” kata Yusril dikutip dari laman Fusilat pada Senin, 28 Februari 2022.

“Kalau tidak ada dasar hukum, maka semua penyelenggara negara mulai dari Presiden dan Wakil Presiden, anggota MPR, DPR, DPD dan DPRD semuanya ‘ilegal’ alias ‘tidak sah’ atau ‘tidak legitimate’,” ucapnya.