Edukasi Internet Baik di MAN 2 Makassar, Telkomsel Ajari Siswa Cara Bikin Konten Positif
Komentar

Edukasi Internet Baik di MAN 2 Makassar, Telkomsel Ajari Siswa Cara Bikin Konten Positif

Komentar

Program Internet BAIK Series 7 juga menjadi salah satu upaya Telkomsel dalam mendukung gerakan nasional SiBerkreasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia untuk meminimalisir penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying, dan online radicalism.

Seminar Internet Baik digelar dengan bahasan seputar digital parenting, digital literacy, dan content creation.

Seminar Internet Baik secara offline dilaksanakan di Sekolah MAN 2 Makassar yang diikuti oleh lebih 800 peserta yang dibagi dalam 2 sesi , sesi pertama untuk para pelajar dan sesi kedua diperuntukkan bagi para tenaga pendidik / guru dan orang tua murid.

Para peserta yang hadir di MAN 2 Makassar mendapatkan Inspiring Speakers dari beberapa nara Sumber di antaranya yaitu:

1. Zilqiah Angraini seorang Digital Creator (Lifestyle, Homedecore, Family) yang membawakan materi tentang tips parenting di era digital, mengajak anak mengenal dunia kreatif, naikan kreativitas anak dengan hal-hal positive.

DPRD Kota Makassar 2023

2. Muh Yusuf Darmawan seorang Digital Creator Culinary Vlogge, yang akan menyampaikan materi tentang bagaimana melihat hal sekitar dan membuat peluang, produktif dalam membuat content creative dan mengisi kegiatan dengan hal-hal positive.

3. Adi Nugroho Setya Atmojo , pakar Adobe Creative Educator Indonesia yang akan membawakan materi tentang public speaking for student, menyikapi virus merah jambu pada remaja, menjadi generasi unggul, kreatif, mandiri dan bertanggung jawab di era digital.

Hadir dalam sesi pembukaan Kepala Dinas Pendidikan kota Makassar, Bapak H . Muhyiddin S.E, M.M , Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Makassar Bapak H. Irman, S.AG,M.SI, PLT Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar Ibu Ismawaty Nur, S.T.M.SC, PH.D, Kepala MAN 2 Kota Makassar Ibu Hj. Darmawati, S.AG, M.PD, dan dari Telkomsel GM. DLS and Direct Sales Area Pamasuka Bapak Muhammad Asrullah serta GM. Consumer Sales Regional Sulawesi Bapak Andri Kurniawan.

Selanjutnya, peserta seminar akan mengikuti Online Training Internet BAIK dengan metode synchronous & asynchronous learning, project-based learning, dan online assistance terkait fundamental penggunaan internet secara kreatif dan inspiratif.

Ada Kompetisi Berhadiah Rp22,5 Juta

Adapun berbagai Kelas Online Training Internet BAIK telah disesuaikan dengan kebutuhan tiap segmen peserta, seperti Kelas Creative Educator untuk segmen peserta guru, pengajar, dan tenaga pendidik; Kelas Creative Parent untuk segmen orang tua, wali, dan komunitas; serta Kelas Creative Student untuk segmen siswa setingkat SMP dan SMA.

Para peserta nantinya juga berkesempatan untuk memperebutkan beragam hadiah total senilai Rp 22.500.000 melalui Online Competition Internet BAIK.

Dalam kompetisi tersebut, para peserta dapat membuat konten video dan film pendek pada Kategori Creative Educator Heroes, Creative Family Heroes, Creative Junior Student Heroes, dan Creative High Student Heroes. Bertepatan dengan hari seminar terakhir di Yogyakarta, Internet BAIK akan mengumumkan pemenang online competition pada sebuah awarding session.

Untuk mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan dan berkompetisi dalam Program Internet BAIK, para peserta perlu mendaftarkan diri pada Forum Jagoan Internet BAIK yang menjadi pusat rangkaian aktivitas dan sumber materi pembelajaran digital para peserta.

Pendaftaran program dan Forum Jagoan Internet BAIK dapat diakses melalui laman situs internetBAIK.id dan segera melalui Aplikasi Internet BAIK, hingga satu hari menjelang pelaksanaan seminar Internet BAIK di tiap lokasi.

Asrul lebih lanjut menjelaskan, Internet BAIK merupakan program CSR tahunan Telkomsel yang telah berlangsung sejak 2016.

Program tersebut secara konsisten menggemakan nilai-nilai teladan pemanfaatan internet dan media sosial secara BAIK, mulai dari Bertanggung jawab yang berarti menggunakan internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika yang berlaku, Aman yang berarti terlindungi dari potensi kejahatan ataupun dampak negatif internet dan media sosial, Inspiratif yang berarti mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal positif bagi pengguna dan sekitarnya, serta Kreatif yang berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif, kondusif, dan bermanfaat. Sepanjang pelaksanaannya, program ini telah menjangkau hingga 27 kota/kabupaten, 84 sekolah, lebih dari 5.800 orang tua dan guru, lebih dari 6.700 pelajar, dan mencetak lebih dari 1.600 duta Internet BAIK.

“Telkomsel menyadari bahwa tingkat penetrasi internet Indonesia yang semakin tinggi hingga 77,02 persen pada 2022 perlu diimbangi dengan kekuatan pondasi karakter pengguna digital yang kokoh.

Melalui Program Internet BAIK, Telkomsel berupaya mewujudkan generasi muda kreatif dan inspiratif yang dapat berkarya dan menciptakan konten positif secara efektif. Kami terus berharap, upaya tersebut dapat mendukung peningkatan indeks literasi digital nasional dan mewujudkan Indonesia yang makin cakap digital serta bertanggung jawab,” pungkas Asrul.

Informasi lebih lanjut mengenai Program Internet BAIK Series 7 2023 dan registrasinya dapat diakses pada laman internetBAIK dot id dan media sosial Internet BAIK.