Makassar Terkini
Masuk

Edy Kurniadi Tekankan Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan Narkoba ke Jajaran Petugas Rutan Makassar

Terkini.id, MakassarKepala Divisi Pemasyarakatan, Edy Kurniadi memberikan penguatan tugas dan fungsi pemasyarakatan kepada jajaran petugas Rutan Makassar

Berlangsung di ruang kunjungan, Edy menegaskan upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap Narkoba (P4GN), Sabtu 26 Februari 2022.

Di awal pengarahannya, Kadivpas Kemenkumham Sulsel kembali menekankan bahwa meski berbeda-beda dalam pelaksanaan tugas, sejatinya marwah seluruh petugas pemasyarakatan adalah petugas pengamanan.

“Ingat, marwah kita adalah sebagai petugas pengamanan. Apa yang perlu kita amankan? Seluruh potensi gangguan yang mungkin timbul, termasuk gangguan yang diakibatkan penyalahgunaan narkoba. Hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai petugas pemasyarakatan,” urai Edy.

Baginya, sebagai petugas pengamanan yang menjamin hak-hak warga binaan, ‘haram’ hukumnya menganggap warga binaan adalah orang yang bersalah.

“Mereka ‘bermasalah’, benar. Tapi bersalah, belum tentu. Jangan memasuki ranah tersebut. Tugas kita adalah menerima mereka yang sekaligus menjadi tanggung jawab kita untuk memastikan hak-hak mereka terpenuhi selama menjalani proses peradilan hingga menjalani masa pidana,” tekan Edy.

Sementara itu, Kepala Sub Koordinator Daya Mas Bidang P2M BNNP Sulsel, Anas Kaharuddin dalam arahannya menyampaikan pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa saat  ini Indonesia dalam kondisi Darurat Narkotika, yang artinya tidak ada lagi wilayah di Indonesia ini yang terbebas dari Narkoba.

Lanjutnya, ia meminta kerjasama dari seluruh pegawai untuk bersedia memeriksakan urine sesuai prosedur yang telah disediakan. Hal tersebut guna memastikan Rutan Makassar bersih dari Narkoba.

“Apa yang akan kita lakukan ini adalah upaya bagaimana melihat tempat kerja kita, Rutan Makassar adalah tempat kerja yang sehat, tempat kerja yang terbebas dari penyalahgunaan Narkoba,” ungkapnya.

Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch. Muhidin mengatakan penguatan sekaligus pemeriksaan urine tersebut merupakan salah satu antisipasi penyalahgunaan Narkotika di lingkungan Rutan Makassar.