Eks Mahasiswa Anggota Teroris Rakit Bom di dalam Kampus

kampus, densus 88, mahasiswa

Terkini.id, Riau – Detasemen Khusus Antiteror atau Densus 88 menangkap tiga orang terduga teroris di di Riau, pada Sabtu 2 Juni 2018, sekira pukul 13.30 WIB. Ketiganya adalah mantan mahasiswa.

Menariknya, dua dari tiga anggota teroris tersebut ditangkap Densus di kampus Universitas Riau (UNRI). Ketiganya, adalah MNZ (33), RB alias D (34), dan OS alias K (32) .

MNZ dan OS alias K ditangkap di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UNRI, di Kelurahan Simpang Baru, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Sedangkan RB alias D ditangkap di Desa Kampar, Kecamatan Kumbang, Kabupaten Kampar, Riau.

Ketiga terduga teroris tersebut diketahui adalah eks mahasiswa, yang diketahui akan melakukan aksi pengeboman di Kantor DPR RI, dan Kantor DPRD Provinsi Riau.

Selain menangkap ketiganya, Densus juga mengamankan empat bom rakitan aktif yang direncanakan akan diledakkan di gedung DPR dan DPRD Riau.

Baca juga: Punya rencana umrah? kunjungi bazar umrah Al Jasiyah

Bom tersebut berupa bom pipa besi, serta bahan peledak TATP yang sudah jadi. Bahan peledak lain, yakni pupuk KNO3, sulfur, gula, arang, busur panah 2 buah, dan anak panahnya 8 buah, senapan angin 1 buah, serta granat tangan rakitan 1 buah.

Kepolisian belum memastikan jaringan anggota teroris yang ditangkap tersebut. Namun, diyakini terkait dengan jaringan teroris Jemaah Ansharut Daulah (JAD) pimpinan Aman Abdurrahman.

“Diduga menyerukan penyerangan terhadap kantor-kantor DPR RI dan DPRD,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu 3 Juni 2018.

Dirakit di Kampus

Barang-barang tersebut, jelas Kapolda Riau, Irjen Nandang, dirakit di gedung Gelanggang Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

“Dia rakit disitu (Gelanggang Mahasiswa FISIP). Sementara dia (ketiga terduga teroris) numpang tidur kurang lebih satu bulan di mess Mapala Sakai (UNRI),” kata Nandang seperti dikutip dari Detikcom.

Nandang menyebutkan, ketiga terduga teroris ini merupakan alumni dari UNRI.

“Yang terduga teroris ini kebutulan alumni dari UNRI. Mulai dari (alumni) tahun 2002, 2004 dan 2005. Ketiga terduga sudah kita amankan. Barang bukti lainnya, ada dua busur panah dengan delapan anak panah, dan senjata angin yang berhasil kita kumpulkan dari hasil penggerebekan itu,” kata Nandang.

“Untuk proses selanjutnya, pihaknya akan bekerja sama dengan Densus 88 berserta Satgas Teror yang telah dibentuk Polda Riau,” tutup dia.

Komentar

Rekomendasi

Jumlah Relawan Covid-19 di Indonesia Terbanyak di Wilayah ini

Kemenkes: Puskesmas Sediakan Layanan Periksa Covid-19

Gugus Tugas Covid-19 Serahkan 7000 APD ke Dokter Gigi dan Spesialis THT

Yayasan AHM Bantu Penyandang Disabilitas Terdampak Wabah Virus Corona

Mudik Saat Pandemi Corona, Pemerintah akan Lakukan ini

Pemerintah Minta Perangkat Desa Lakukan ini di Tengah Wabah Corona

Deteksi Kesmas di Tengah Covid-19, Kemendes PDTT Sebar Formulir

Perhatian, Cairan Disinfektan Tidak Disemprotkan ke Tubuh

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar