Embung Potingeng Tak Selesai, Warga Soppeng Keluhkan Air PDAM

Embung Potingeng Tak Selesai, Warga Soppeng Keluhkan Air PDAM

Terkini.id, Soppeng – Embung potingeng tidak terselesaikan sesuai dengan kontrak yang disepakati pihak Pemerintah Kabupaten Soppeng, akibatnya masyarakat mengeluhkan air PDAM tidak beroperasi secara optimal.

Pekerjaan embung pontingeng dianggarkan senilai Rp 14 Miliar yang dimulai pada bulan Mei Sampai dengan 6 Desember 2018. Embung pontingeng yang terletak di Kecamatan Lalabata ini nantinya akan digunakan untuk petani dan air PDAM.

PLT Direktur PDAM Soppeng, Arif mengatakan, salah satu yang menyebabkan air tak lancar di Salotungo karena masih sementara pengerjaan proyek embung-embung di Lempa.

Menurutnya, pengerjaan proyek embung-embung, PDAM Soppeng harus menutup kran air menuju rumah warga. Apabila tidak dilakukan penutupan kran air, maka air akan keruh sampai ke pelanggan PDAM. Hal ini disebabkan adanya alat berat yang bekerja di sekitaran sumber mata air PDAM di Lempa.

“Proyek embung-embung ini untuk kepentingan petani, dan sumber air PDAM,” kata Arif, Jumat, 7 Desember 2018.

Sementara itu, terlambatnya penyelesaian pekerjaan embung pontingeng dikarenakan warga setempat yang diajak bekerja sering bermalas-malasan dan adanya penambahan sayap kiri dan kanan pada embung-embung tersebut.

Hal tersebut diungkapkan PPK embung pontingeng, Suharto. Ia mengatakan bahwa pekerjaan bendungan tersebut tidak terselesaikan dengan cepat lantaran warga yang menjadi pekerja embung sering bermalas-malasan.

“Tidak dapat menyelesaikan dengan waktu yang ditentukan tetapi kami memberikan waktu sampai 31 Desember ini untuk menyelasaikan embung pontingeng,” ujarnya.

Akibat pekerjaan embung tersebut tak terselesaikan, masyarakat Kabupaten Soppeng tak bisa menikamti air PDAM.

“Sudah beberapa minggu kita tidak dapat menikmati air PDAM,” ujar salah seorang warga, Iklas.

Dirinya berharap agar embung Pontingeng dapat terselesaikan dengan capat dan warga dapat merasakan kembali air bersih.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Bupati Sidrap Tinjau Lokasi Banjir di Wettee

Terkini.id, Sidrap - Bupati Sidrap, H Dollah Mando melakukan peninjauan banjir di Kelurahan Wettee, Kecamatan Panca Lautang, Kamis 13 Juni 2019 pagi.Dollah Mando datang