Empat Jalan Baru Prof Andalan: Sidrap ke Luwu Tidak Lagi Lewat Siwa

Terkini.id, Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, menjelaskan, beberapa jalan baru akan dibangun untuk bisa membuka akses untuk daerah-daerah yang terisolir.

“Kami akan akan membuka akses untuk daerah terisolir di Sulsel serta beberapa jalur alternatif yang akan mempersingkat waktu tempuh antar kabupaten yang dalam pelaksanaannya akan kami pantau terus progressnya,” terang Nurdin Abdullah, Selasa 13 November 2018.

Dia menjelaskan, pembangunan dan perbaikan akan terus dilakukan infrastruktur lainnya sesuai skala prioritas akan kebutuhan masyarakat.

Hal ini disampaikan Nurdin Abdullah untuk menegaskan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman terkait empat jalan baru dan jalan perintis yang akan dibuka oleh pemerintah.

Empat jalan tersebut, antara lain akan membentang di Luwu, Luwu Utara, Sidrap, Bone dan Pangkep.

Kepada Wartawan, Sudirman Sulaiman mengungkapkan, anggaran pembangunan jalan baru tersebut telah disetujui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Pihak Kementerian PUPR mendukung program percepatan Pemprov Sulsel,” terang dia kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulsel.

Rp1,6 Triliun

Pembangunan empat jalan baru tersebut, merupakan bagian dari bantuan pemerintah pusat sebesar Rp1,6 triliun.

Selain jalan baru, ada juga pembangunan bendungan dan embung.

Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, jalan baru tersebut sebelumnya ditawarkan oleh pihak Pemerintah Provinsi Sulsel kepada Pemerintah Pusat.

Dia mencontohkan, jalan baru tersebut tentunya akan memperpendek jarak dan membuka akses ke daerah-daerah pelosok.

Misalnya, jalan perintis di Tanru Tedong, Sidrap, akan memperpendek jarak antara Sidrap dan Larompong, Luwu. Tanpa perlu lagi pengendara melewati Siwa (Wajo).

Jalur dari Sidrap ke Larompong Luwu yang terlihat berputar karena lewat Siwa.(capture google map)
Berita Terkait
Komentar
Terkini