Empat parpol baru di Bulukumba minta perubahan dapil

Uuji pubik usulan dapil DPRD Kabupaten Bulukumba.

Terkini.id, Bulukumba – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba menggelar uji pubik usulan dapil DPRD Kabupaten Bulukumba di Hotel Agri, Rabu 7 Februari 2018.

Itu dilakukan dalam rangka penyusunan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Bulukumba pada pemilihan umum tahun 2019 mendatang.

Sejumlah parpol mengemukakan pandangan mereka terkait uji publik ini, di antaranya, Ketua DPD Partai Berkarya, Andi Muhtamar. Muhtamar menginginkan adanya perubahan dapil dari 4 dapil menjadi 5 dapil.

“Pertimbangannya pertama, adalah jumlah penduduk bertambah, kemudian kita ini sedikit modern lah, masak mulai tahun 1999 sampai sekarang masih itu saja dapilnya,” terang Muhtamar.

Menurut Andi Muhtamar, idealnya, ada 5 dapil yang bisa dibentuk, yakni Dapil Gantarang-Kindang, Dapil Bulukumpa -Rilau Ale, Dapil Ujung bulu Ujungloe, Dapil Kajang-Herlang dan Dapil Bontobahri-Bontotiro.

Menarik untuk Anda:

Meski begitu, hal berbeda dikemukakan Sekretaris DPD partai PDI-P, Zulkifli. Menurut dia, dapil saat ini sudah pas dan tak usah diubah lagi, karena tidak ada sistem regulasi  yang memenuhi syarat mengubah dapil dan juga saat ini sudah ada kesetaraan jumlah kursi per dapil .

“Kalau dapil berubah kasihan nanti ada yang lima kursi dan ada 10 kursi karena wilayah mereka yang jumlah penduduknya banyak,” jelas Zulkifli

KPUD sendiri menampung seluruh aspirasi parpol. Diharapkan, dalam kegiatan ini  nantinya, dapat memperkuat alasan pada setiap penyusunan draf Dapil untuk selanjutnya diusulkan sebagai bahan pertimbangan KPU RI untuk menetapkan Dapil Pemilu  2019 di wilayah Kabupaten Bulukumba.

“Tergantung dari uji publik, semua teman dari parpol kita jadikan referensi ke pusat,” jelas Rachmawati, divisi bidang hukum KPUD Bulukumba.

Dari 12 parpol yang hadir, pada umumnya parpol lama masih mengingkan tidak ada perubahan dapil, sedangkan 4 parpol baru yakni Garuda, PSI, Berkarya dan Perindo menginginkan perubahan dapil.

“Setelah itu kita serahkan ke pusat. Hasilnya kan diumumkan segera,” jelas ketua KPUD Bulukumba, Azikin Patedduri.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

KPU Makassar Rampungkan Coklit, Temukan 158 Ribu TMS

Finalkan Deklarasi Dilan, PDIP, Hanura dan PKB Sepakat Tunggu PKS

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar