Ini empat uang panaik termahal di Sulawesi Selatan

Uang Panaik
Ilustrasi Uang Panaik. (foto: terkini.id)

Terkini.id, Makassar – Dalam proses pernikahan di Sulawesi Selatan ada dikenal namanya uang panaik. Sesuai namanya, bentuknya berupa yang diberikan pengantin mempelai pria kepada wanita pujaannya.

Uang panaik ini sudah berlaku sejak dahulu saat seorang pria ingin melamar wanita. Uang panaik menjadi syarat adat untuk biaya pesta pernikahan untuk pengantin wanita. Besarannya tergantung kesepakatan kedua mempelai.

Jumlahnya bisa jutaan, belasan juta, puluhan juta, hingga ratusan juta rupiah. Bahkan ada beberapa pernikahan di Sulawesi Selatan yang uang panaiknya terbilang wah. Jumlahnya mencapai miliaran rupiah.

Makassar Terkini telah merangkum empat pernikahan mahal di Sulsel dengan uang panaik yang mahal pula:

1. Adam Masse dan Indar Desrianti

Di Kabupaten Bulukumba pada Mei 2015 lalu terjadi pernikahan paling mewah. Adalah pernikahan Adam Masse dan Indar Desrianti.

Dilihat dari prosesi dan resepsi, sesungguhnya tak ada yang menarik perhatian di acara pernikahan ini. Orang-orang baru akan kaget ketika mendengar uang panaik yang dibawakan oleh mempelai pria.

Jumlahnya mencapai setengah miliar rupiah, tepatnya Rp505 juta. Selain uang, Adam Masse juga menambahkan uang sepupu Rp10 juta, dua ekor kerbau senilai Rp40 juta per ekor, dan mahar lima hektare tanah produksi.

Kabar pernikahan ini pun kemudian dengan cepat tersebar. Pernikahan ini mengundang keingintahuan masyarakat soal siapa sosok Adam Masse dan dari mana sumber kekayaannya. Sekaligus menetapkan Indar Desrianti sebagai perempuan paling mahal di Bulukumba.

2. Jaya Baramuli dan Andi Rahmania

Di Kabupaten Pinrang juga ada pasangan yang membuat heboh masyarakat. Pasangan itu adalah Jaya Baramuli dan Andi Rahmania.

Pasangan ini bahkan mengalahkan uang panaik Adam Masse dan Indar Desrianti di Bulukumba. Mempersunting Andi Rahmania pada 2016 lalu, Jaya Baramuli memang hanya mengeluarkan mahar pernikahan hanya 88 riyal.

Namun yang bikin orang tercengang adalah besaran uang panaiknya yang mencapai Rp599 juta. Tidak sampai di situ. Jumlah itu masih ditambah dengan hadiah satu unit kendaraan roda empat, satu unit rumah, dan sejumlah perhiasan.

Selain uang panaik, pasangan ini juga menjadi perbincangan lantaran perbedaan usia keduanya. Saat pernikahan, Jaya Baramuli sudah berusia 52 tahun, sedangkan Andi Rahmania baru berusia 25 tahun.

3. Andi Tajuddin Kammisi dan Andi Fitri

Selanjutnya ada pasangan Andi Tajuddin Kammisi dan Andi Fitri. Sama seperti Jaya Baramuli dan Andi Rahmania, pasangan ini juga terpaut rentang usia uang cukup jauh.

Andi Tajuddin Kammisi yang merupakan mantan Wakil Wali Kota Parepare saat pernikahan 2017 lalu sudah menginjak usia 70 tahun, sedangkan Andi Fitri 25 tahun. Sebagai bukti cinta, Andi Tajuddin Kammisi mempersembahkan uang panaik mewah demi menikahi Andi Fitri.

Ada 102,7 gram emas, uang belanja Rp100 juta, rumah tipe 54 sebagai mahar senilai Rp550 juta, dan mobil Honda Civic Turbo senilai Rp491 juta. Jika ditotal seluruhnya lebih dari Rp1 miliar.

Pernikahan pasangan ini berlangsung di Dusun Tanah Tengah, Desa Liliriawang, Kecamatan Bengo, Bone, April 2017 lalu.

4. Anjas Malik dan Kurnia Amaliah Hambali

Pasangan ini merupakan buah hati dari keluarga terpandang di Jeneponto. Tidak heran jika Anjas Malik tidak ragu untuk mengeluarkan uang hingga miliaran rupiah untuk menikahi Kurnia Amaliah Hambali.

Untuk uang panaiknya saja Rp1 miliar. Itu belum termasuk emas berlapis berlian, rumah, sebidang tanah, dan mobil Toyota Alphard seharga Rp1 miliar.

Memeriahkan pernikahan pasangan ini pun tidak tanggung-tanggung. Resepsi yang berlangsung di Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Mei 2017 itu, dihibur pedangdut kontes dangdut nasional.

Berita Terkait
Komentar
Terkini