EnChroma, penemuan yang mewarnai hidup penderita buta warna

EnChroma, penemuan yang mewarnai hidup penderita buta warna
EnChroma, penemuan yang mewarnai hidup penderita buta warna

Terkini.id – Buta warna adalah salah satu penyakit turunan yang menyebabkan seseorang tidak bisa melihat semua warna dengan sempurna. Kebanyakan orang menganggap buta warna hanya berarti tidak dapat melihat warna apapun selain hitam dan putih.

Sebaliknya, buta warna memiliki banyak jenis yang jarang diketahui masyarakat pada umumnya. Pertanyaannya, adakah solusi dari penyakit buta warna?

Dilansir dari Idntimes, Dr. Don McPherson adalah seorang ilmuwan yang berhasil menemukan kacamata untuk penderita buta warna. Sejak adanya penemuan ini, perspektif penderita buta warna terhadap dunia ini pasti akan berubah total.

Penemuan ini sebenarnya ditemukan dengan tidak sengaja. McPherson dahulu pernah bekerja sebagai pembuat kacamata pelindung bagi dokter yang melakukan operasi dengan laser.

Penemuan ini awalnya hanya sekedar rasa penasaran karena sering melihat ahli bedah menggunakan kacamata dari ruang operasi untuk melakukan pembedahan.

Ia pun mencoba menggunakan kacamata ini dan seketika merasa tercengang dengan warna yang tampak semakin cerah dan jelas.

Awalnya, McPherson tak menyadari bahwa hal ini dapat berdampak bagi penderita buta warna hingga suatu ketika, temannya yang tidak bisa melihat warna jingga dapat melihat warna tersebut setelah meminjam kacamatanya.

Akhirnya pada tahun 2010, McPherson melakukan penelitian dan mematenkan hasil karyanya dengan nama EnChroma.

Menurut penelitian, 1 dari 12 orang pria menderita buta warna dan 1 dari 200 wanita juga menderita penyakit ini. Untuk anda yang masih penasaran apa yang dirasakan orang buta warna, anda bisa melihat gambar berikut ini.

EnChroma sekarang ini merupakan produk yang sudah mendunia. Di toko online Indonesia juga sudah banyak dijual dengan harga yang beragam, kisaran 5 juta hingga 8,5 juta rupiah.

Walaupun penemuan ini sudah sangat banyak membantu para penderita buta warna, ternyata hasil penelitiannya belum membuahkan hasil komplit.

Karena jenis buta warna ada banyak, saat ini baru 80 persen dari penderita yang merasakan perbedaan setelah menggunakan EnChroma. Alhasil, McPherson tidak ingin menyerah hingga di situ saja dan terus berusaha mengembangkan penemuannya ini.

Walaupun masih dalam penelitian, McPherson berkata bahwa ia akan mengusahakan semaksimal mungkin hingga semua penderita buta warna bisa merasakan apa yang orang normal rasakan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini