Eropa Saat Ini Menjadi Pusat Pandemi Covid-19

Terkini.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan jika Eropa saat ini menjadi pusat pandemi Covid-19. Penyebabnya adalah rasa aman palsu atas perlindungan yang ditawarkan vaksinasi. 

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adanom Ghebreyesu menyebukan, Eropa menjadi pusat pandemi Covid-19 karena rasa aman palsu atas perlindungan yang ditawarkan vaksinasi yang sedang gencar dilakukan.

WHO memperingatkan jika virus corona SARS-CoV-2 akan terus menyebar secara intens ketika masyarakat kembali berkerumun dan melakukan mobilitas menjelang libur natal dan tahun baru.

Dilansir dari Reuters, Rabu, 24 November 2021, pekan lalu lebih dari 60 persen dari semua kasus harian dan kematian yang dilaporkan berasal dari Eropa.

“Kami mengkhawatirkan rasa aman palsu yang diamini banyak orang, bahwa ketika sudah divaksin artinya pandemi berakhir kemudian orang yang sudah vaksin ini abai protokol kesehatan,” kata Tedros. 

Melansir Kompas, Sabtu, 27 November 2021, oleh karena itu, vaksinasi, pemakaian masker, dan jaga jarak sosial adalah kunci penting untuk mencegah penularan. Masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan salah satu dari tiga hal itu.

“Di Eropa orang-orang berkumpul seperti pra-pandemi, bahkan itu terjadi di tengah-tengah lonjakan kasus dan sistem kesehatan mulai tumbang,” direktur darurat WHO kata Mike Ryan.

“Dan kenyataannya virus akan terus menular secara intens di lingkungan itu,” katanya.

Ahli epidemiologi WHO, Maria van Kerkhove mengatakan, penting untuk mengambil tindakan selama periode liburan akhir tahun.

“Langkah-langkah sosial tidak berarti lockdown,” imbuhnya.

1 2
Selanjutnya
Bagikan