Faedah Puasa Senin Kamis Yang Harus Kalian Ketahui

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Faedah Puasa Senin Kamis
Faedah Puasa Senin Kamis

Terkini.id, Makassar – Berpuasa adalah merupakan ibadah dimana seorang menahan diri dari makan dan minum dan yang paling penting menahan hawa nafsu dari berbuat hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Selain puasa wajib selama Ramadhan, dalam Islam ada juga puasa sunnah salah satunya puasa Senin dan Kamis yang memiliki banyak manfaat atau faedah.

Berikut manfaat puasa Senin dan Kamis

1. Puasa Senin dan Kamis dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, ketenangan jiwa, dan pahala yang berlipat ganda.

Dengan puasa Senin Kamis maka anda akan dilatih untuk menumbuhkan rasa takut terhadap Allah SWT, apalagi ketika sendirian jangan sampai amalan puasa sunnah hilang hanya karena hal-hal kecil.

Menarik untuk Anda:

Usamah bin Zaid Radhiyallahu’anhu menceritakan bahwasanya Nabi Muhammad SAW terbiasa puasa Senin Kamis ketika beliau ditanya alasannya beliau bersabda yang artinya

“Sesungguhnya amal para hamba disampaikan kepada Allah setiap Senin dan Kamis. ” (HR. Abu Daud).

Alangkah indahnya ketika amalan seorang hamba dilaporkan dan saat itu pula ia sedang puasa.

2. Pintu-pintu surga dibuka setiap Senin dan Kamis

Rasulullah SAW bersabda ” Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan apapun kelak akan diampuni dosanya, kecuali diantara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Kemudian dikatakanlah tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini hingga mereka berdamai.” ( HR. Abu Hurairah).

Maka dari itu perbanyak puasa sunnah terutama Senin dan Kamis, selain meningkatkan ketaqwaan juga memiliki pahala yang cukup besar disisi Allah SWT.

3. Puasa menjaga kesehatan jiwa dan raga

Secara psikis puasa dapat mengurangi stres dan depresi bagi beberapa orang karena dengan berpuasa seseorang muslim dapat belajar mengendalikan diri sendiri.

Dan dari segi kesehatan puasa sangat baik, karena puasa membentuk pola makan teratur dengan sahur dan berbuka akan memperbaiki radang sendi, dan radang usus besar.

Tubuh ketika berpuasa maka akan mengalami pembersihan, dalam artian tubuh tidak mencerna makan kedalam perut sehingga organ tubuh tidak bekerja terlalu keras.

Dan bagi kaum hawa yang sedang melakukan program diet, berpuasa sangat cocok untuk menjaga berat badan.

Tidak mengapa jika seseorang menginginkan tubuh ideal dengan puasa, namun jangan sampai dengan hikmah ini menjadi salah niat.

Jadikan tubuh ideal menjadi bonus saat puasa, saat puasa asupan akan berkurang secara otomatis tetapi proses pembakaran akan terus berlangsung sehingga akan membantu mengurangi berat badan.

Dan penurunan berat badan akan diiringi dengan menurunnya kolesterol, sehingga turunnya berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.

Maka jadikan puasa rutinitas sebagai seorang muslim, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan juga menyehatkan tubuh.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

GenBI Sukseskan GGS, ini karya mereka!

Mahasiswa UNM Kecam Pemkab Bone Masalah Perlindungan dan Keselamatan Lingkungan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar