Fakta IoT Permudah Segalanya untuk Bisnismu

IoT permudah bisnismu. Sumber : silicon.co.uk

Terkini.id, – Ini jamannya Internet of Things (IoT) segalanya menjadi muda terutama bagi pebisnis.

IoT merupakan sebuah konsep bertujuan membantu memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus utuk berbagi dat, remote control. Apa saja yang ada bisa tersambung je jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

IoT menjadi sesuatu dan segala aktivitas tidak lepas dari fungsi internet terlebih bagi pebisnis. Semuanya menjadi lebih efisien dan menjadikan usaha yang dikerjakan menguntungkan.
IoT mampu membuat usaha apapun menjadi lebih efisien. Dilansir dari BOC Indonesia, ini faktanya IoT bisa buat segalanya bagi bisnis.

1. Tanpa Sewa Kantor
Pada bidang bisnis tertentu, IoT mampu membuat pelaku bisnis bisa kerja dimana saja yang penting terkoneksi ke internet. Contoh bisnis jasa (design, programming, konsultan, tour travel, biro jasa, outbound training, dll). Bisnis catering tanpa perlu sewa ruko, cukup bisnis dari rumah sendiri. Secara sederhana bisnis yang tanpa harus mewajibkan pelanggan datang secara fisik, itu bisa manfaatkan IoT.

2. Sales Marketing
Website dan media sosial lah pengganti staf sales marketing. Kehadiran website dot com, FB personal/page, IG personal/bisnis, Youtube, Google Bisnisku, Google+ personal/brand, LinkedIn adalah alat ampuh untuk visible di 142 juta pengguna internet Indonesia dan 4,1 miliar dunia! Intinya, Anda tidak harus buka lowongan staf sales marketing untuk bisnis Anda. Bisa jadi Anda sendiri lah otak di balik kegiatan sales marketing.

3. Billing & Accounting
Urusan tagihan dan kwitansi, manfaatkan dokumen PDF. Bubuhkan tanda tangan dan cap usaha Anda disana. Kuasai ilmu Photoshop, MS Word dan PDF maker. Kirim pake email! Cek uang masuk/keluar, bayar tagihan, cukup pake internet banking. Laporan pajak dan bayar, serba online ada websiteny! Manfaatin Google Doc utk simpan data-data pembukuan. Bisa diakses dimana saja untuk urusan Billing & Accounting ini. Anda tidak perlu kertas lagi!

4. Technical Support Pelanggan
Hubungan dengan pelanggan bisa melalui fasilitas chat, email, dan telphone. Chat bisa pake WA, Telegram, Line atau aplikasi tawk untuk website. Tanpa berkunjung ke pelanggan, kita bisa remote komputer nya dari antar benua. Ini khusus bagi pemain IT. Menghemat biaya transportasi.

5. Komunikasi Bisnis
Bagaimana jika punya staf? Ya bisa bikin grup di WA/Telegram. Video conference bisa via Google Hangout. Namun ada yang pilih discuss via WA/Email karena ada jeda untuk mikir sebelum jawab. Klo face2face kadang kurang berkualitas isinya. Manfaatin Google Drive untuk transfer in/out file. Google Doc/Trello/Asana untuk manajemen proyek antara pebisnis dan pelanggan.

6. Delivery Produk
Masih mikir untuk kirimkan sendiri? Macet, polusi, wasting time. Kan sudah ada jasa ekspedisi seperti JNE, JNT, Gojek, FedEx, dll. Klo pebisnis sering kirim-kirim, ekspedisi itu akan jemput barang di rumah Anda.
Kurang lebih nya seperti itu IoT mampu efisienkan biaya produksi bagi bisnis Anda. Mungkin masih ada fakta lain dari IoT menurut Anda, beri komentarmu di bawah ini.