Fakta Masjid Camii Jepang, Ada ‘Kejutan’ untuk Orang Indonesia di Toiletnya

Terkini.id, Makassar – Masjid Camii Tokyo, Jepang, makin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Rupanya ada yang unik dari masjid ini. Khususnya untuk warga Indonesia.

Masjid Camii menjadi tenar khususnya setelah pernah menjadi tempat pernikahan heboh artis Indonesia, yakni Maia Estianty dan Syahrini.

Sebelumnya, masjid ini digunakan oleh artis Maia Estianty dan Irwan Mussry menikah pada Oktober 2018 lalu.

Terakhir, Syahrini juga menikah di tempat ini bersama Reino Barack.

Apa saja fakta-fakta tentang masjid Camii Tokyo?

1. Lebih Besar dari Masjid Raya Makassar dan Al Markaz

facebook/sukawati jend

Masjid Camii Tokyo berada di dekat Stasiun Yoyogi-Uehara, Shibuya, Jepang. Ini merupakan masjid terbesar di Jepang.

Saking besarnya, masjid tersebut mampu menampung sekitar 1.200 jemaah untuk beribadah di dalamnya. Masjid seluas sekitar 700 meter persegi itu memiliki ornamen kubah yang cukup sangat besar, yaitu sekitar 25 meter.

Dengan luas itu, tentu jauh lebih luas lahan parkir Masjid Al Markaz Al Islami Makassar. Beberapa bagian eksterior dan interiornya, terlihat seperti Masjid Raya Makassar, tapi tentu jauh lebih luas dari Masjid Raya.

2. Pusat Kebudayaan Turki

instagram.com/camiitokyo

Masjid Camii ini merupakan bagian dari Pusat Kebudayaan Turki.

Masjid terbesar di Jepang ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama terdapat pusat kebudayaan Turki.

Ruang tersebut biasa diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin belajar kebudayaan Turki. Ruangan yang berada di lantai pertama itu juga dihiasi ornamen-ornamen rumit serta kaligrafi di setiap dinding serta langit-langitnya.

Sementara lantai dua masjid, digunakan untuk beribadah bagi umat muslim. Ruangan tersebut didesain sangat cantik dan begitu detail. Kombinasi warna putih, biru, dan emas, membuat kesan sangat indah masjid yang berdiri di kawasan Shibuya ini.

Termasuk kaligrafi serta ornamen islami yang menghiasi dinding, langit-langit, hingga jendela.

3. Masjid Terindah di Asia

instagram.com/camiitokyo

Tahukah anda, jika Masjid terindah di Asia itu ada di Jepang. Negara dengan penduduk muslim yang minoritas.

Tidak hanya dari segi arsitektur dan interiornya saja, masjid tersebut juga dilengkapi dengan ornamen dan tulisan kaligrafi yang sangat cantik. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang mengunjungi masjid tersebut.

4. Peran Keluarga Reino Barack Dalam Pembangunan Masjid

instagram.com/camiitokyo

Dalam sebuah acara Barista yang tayang pada Selasa 19 Februari, KH Nasaruddin menceritakan pengalamannya salat di Masjid Camii Tokyo.

Imam besar Masjid Istiqlal itu menceritakan bahwa dirinya sempat menanyakan kepada pengurus masjid perihal pemilik masjid yang dikunjunginya itu.

Seperti dilansir kumparan, pengurus masjid tersebut menjelaskan bahwa masjid itu telah berdiri sejak lama dan ada orang Indonesia yang turut andil dalam pembangunan masjid itu.

Dari penjelasan pengurus masjid itu, KH Nasaruddin baru mengetahui bahwa orang Indonesia yang turut andil membangun masjid terbesar di Jepang itu adalah keluarga Rosano Barack, yang tak lain adalah ayah Reino Barack.

5. Tempat Pernikahan Maia Estianty dengan Irwan Mussry

Maia Estianty dengan Irwan Mussry, melangsungkan pernikahan di Masjid Camii Tokyo pada Senin 29 Oktober 2018 lalu.

6. Sajian Kurma Gratis

instagram.com/camiitokyo

Warga Makassar yang pernah berkunjung ke Masjid Camii Tokyo, Sukawati Jend, menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke masjid tersebut.

“Masuk di Masjid Camii, saya paling suka mencicip kurma yang sengaja disediakan pengurus masjid, bersama dengan teh hangat.

Rasanya enaakk. Mungkin karena gratis kali ya, hehehe. Di lantai dasar ini, ada galery seni khas Turki, koleksinya boleh dibeli. Ada kantor pengurus Masjid, dan ada semacam ballroom yang bisa dipakai tempat pertemuan maupun seminar. Lantai 2 untuk shalat ikhwan dan lantai 3 untuk akhwat,” tulis Sukawati melalui akun facebooknya.

7. Kejutan untuk Warga Indonesia di Toilet

Nah, ini kejutan yang juga menjadi perhatian penting untuk warga Indonesia.

Di masjid tersebut, ada tulisan peringatan yang berbahasa Indonesia. Di Toiletnya.

Tulisan tersebut bunyinya adalah ‘Alas kaki simpan di sini’, atau ada juga tulisan lain: ‘jangan buang popok di sini’.

Wah, apakah karena orang Indonesia sering melanggar aturan sehingga peringatannya berbahasa Indonesia?

“Ini yang mencuri perhatian saya, dari dua masjid yang saya kunjungi di Tokyo, semuanya memasang tulisan berbahasa Indonesia, begini bunyinya: ‘Alas Kaki Simpan di Sini’ di toiletnya tertulis ‘Jangan buang popok di sini’. Weeehhh,,, sekalinya dapat tulisan berbahasa Indonesia,,,, artinyaaa,” tulis Sukawati lagi.

Bukan cuma di Masjid Camii dia menemukan tulisan tersebut. Beberapa masjid lain juga menulis tulisan seperti itu.

Berita Terkait
Komentar
Terkini