Fakta Unik Serba-Serbi Dalam Dunia Kesehatan

Ternyata sarapan telur efektif membuat orang merasa kenyang lebih lama sehingga melawan penimbunan lemak. Source : Vemale.com

Terkini.id, – Masih banyak hal dari dunia kesehatan yang belum terekspos. Unik tapi memiliki fakta yang jelas bermanfaat bagi kesehatan. Apakah itu?

Arang untuk Awet Muda
Penggunaan arang sebagai obat dalam dunia kesehatan sebetulnya bukan hal yang baru. Sejak 1500 SM, masyarakat Mesir menggunakan arang sebagai penyembuh luka dan pembersih usus halus setelah makan. Lantas 1.100 tahun kemudian hipokrates menggunakan arang untuk merawat pengidap epilepsy, klorosis dan antraks.

Manfaat arang untuk kesehatan. Source : Hellosehat.com

Pada 1831, di depan pelajar di French Academy of Medicine, Profesor Touery berdemontrasi minum racun strychnine yang dicampurkan butiran hitam asal pembakaran. Hasilnya, ia tetap hidup dan menjelaskan penyebabnya.

Menurut Professor Tourey, arang tak berbau dan tak berasa mampu menyerap 60% zat beracun di dalam tubuh yang masuk ke seluruh jaringan pencernaan seperti usus halus, usus besar, dan perut. Ia efektif bekerja 1,5 jam setelah dikonsumsi. Arang memiliki pori yang banyak dan luas, sehingga kemampuan menyerapnya tinggi.

Penelitian lain dilakukan Richard C. Kaufman, Ph.D dari National Health Federation, Minessota, Amerika Serikat. Arang terbukti bersifat antipenuaan dan memperpanjang umur sebanyak 40% hewan percobaan. Itu karena arang menjaga sensitivitas tubuh dari bahan kimia dan racun yang merusak sel tubuh. Arang juga menyeimbangkan metabolisme lemak,
menurunkan kinerja sintesis protein pemicu penuaan, penurunan RNA, penghambat arteriosklerosis dan fibrosis.

Baca juga:

Dosis yang dianjurkan sebanyak 30 gram per hari diminum 2 kali seminggu saat perut kosong. Arang sebagai pereduksi kolesterol dan penghambat penyakit dilansir oleh British Journal of Nutrition. Sejumlah pasien berkolesterol tinggi yang diberi konsumsi 8 gr arang per hari turun 25% dari total kolesterol, 41% kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein), serta melipatgandakan rasio HDL/LDL kolesterol. Itu karena arang menyerap penyumbat jantung dan melancarkan peredaran darah koroner.

Tidak Selamanya Kolesterol Buruk dan Berbahaya
Banyak orang menganggap sesuatu yang berhubungan dengan kolesterol adalah hal yang buruk dan harus dijauhi, namun tahukah Anda bahwa tidak semua kolesterol itu buruk dan berbahaya? Ya, ada kolesterol yang justru sangat baik untuk tubuh dan tidak boleh dibuang. Kolesterol sendiri dibagi menjadi 3 yaitu:
– LDL (Low Density Lipoproteins) merupakan kolesterol buruk
– HDL (High Density Lipoproteins) merupakan kolesterol baik
– Trigliserida

Kolesterol

LDL disebut sebagai kolesterol yang buruk karena mengalirkan kolesterol dari hati ke sel, padahal itu sangat tidak dibutuhkan di sana.

Sedangkan HDL disebut sebagai kolesterol baik karena berfungsi membuang atau mengeluarkan kolesterol yang berlebih dari darah dan kemudian membawanya ke hati.

Sarapan Telur Membuat Perut Kenyang
Memilih sarapan yang tepat dan benar bisa membantu mencegah terjadinya penimbunan lemak di tubuh. Ternyata sarapan telur efektif membuat orang merasa kenyang lebih lama sehingga melawan penimbunan lemak.

Terkait telur, omelet atau telur dadar  termasuk menu sarapan paling favorit di dunia./ Ist

Sebuah review yang dilakukan di Inggris menemukan sarapan telur adalah cara terbaik untuk memulai hari bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau mencegah terjadinya penimbunan lemak. Ini karena telur mengandung bahan
kuat yang bisa membantu mengurangi asupan jumlah kalori saat makan siang dan malam.

Para ilmuwan menuturkan telur yang direbus, digoreng dengan sedikit minyak atau didadar bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan lain yang dikonsumsi saat sarapan. Kondisi ini membantu orang mencegah mengambil cemilan yang menggoda.

Diketahui dalam setiap telur mengandung 78 kalori sehingga membantu orang mengenali berapa banyak kalori yang dikonsumsi, mengandung 6,5 gram protein yang mana mewakili 13 persen dari kebutuhan harian orang dewasa. Telur juga mengandung vitamin D yang bisa membantu mendukung kesehatan secara umum.

Komentar

Rekomendasi

4 Resep dari Motivator Kondang ini Atasi dan Pulih dari Corona

Ini Modal Utama Lawan Corona Menurut Ahli

Tips Menu Sahur Sehat di Tengah Pandemi Ala Pakar Ilmu Gizi

Makanan untuk Pasien Covid-19: Asupan Protein dan Energi Lebih Tinggi

Di Tengah Pandemi Covid-19, Ahli Gizi Anjurkan Konsumsi Ikan ini

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar