Masuk

Fakta Video Penampakan Ikan Paus Nabi Yunus

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Jagat media sosial belum lama ini dihebohkan dengan sebuah video penampakan ikan paus yang diklaim sebagai ikan paus Nabi Yunus.

Adapun video penampakan ikan paus Nabi Yunus tersebut diunggah oleh akun TikTok @menenangkanhati, seperti dilihat pada Selasa 27 September 2022.

Hingga saat ini, video itu telah ditonton sebanyak 160 ribu kali dan dikomentari ratusan netizen.

Baca Juga: Ikan Paus Terdampar di Pantai Babalaikang Bulukumba

Dalam narasi keterangan unggahannya, akun TikTok tersebut mengklaim bahwa video itu memperlihatkan penampakan ikan paus Nabi Yunus.

“Ikan nabi Yunus,” demikian tertulis keterangan dalam video itu.

Dilihat dari video tersebut, tampak ikan berukuran raksasa di perairan laut. Selain itu, juga terlihat sejumlah helikopter terbang di atas ikan tersebut.

Baca Juga: Keluarkan Fatwa Penghancuran Makam Nabi Yunus, Pemimpin Tertinggi ISIS Ditangkap

Mengutip situs Turnbackhoax.id, video penampakan ikan raksasa yang diklaim adalah ikan paus Nabi Yunus itu tidaklah benar.

Fakta tersebut terungkap berdasarkan pemeriksaan fakta oleh Alifia Nayla dari Universitas Sebelas Maret.

Berdasarkan pemeriksaan Alifia, ikan paus yang tampak dalam video itu bukan ikan asli melainkan sebuah kreasi digital dari seorang konten kreator.

Kreasi digital dalam video tersebut merupakan hasil editan dari konten kreator bernama Borisao Blois.

Baca Juga: Foto-foto Ikan Paus Sepanjang 9 Meter Terdampar di Mamuju

Selain itu, terungkap bahwa video itu awalnya diunggah lewat akun Instagram Borisao Blois, @borisao_blois. Sang kreator juga mengunggah video itu di kanal YouTube Blois fought dan akun TikTok @borisao_blois.

Akan tetapi, video hasil kreasi Borisao Blois itu diunggah kembali oleh sejumlah warganet di media sosial.

Warganet pun kemudian menambahkan narasi klaim yang tidak benar dengan menyebut ikan raksasa dalam video itu merupakan ikan paus Nabi Yunus.

Dengan demikian, disimpulkan bahwa klaim akun TikTok @menenangkanhati yang menyebut ikan dalam video itu adalah ikan paus Nabi Yunus adalah klaim yang tidak benar alias hoaks.