Ini faktanya mandi air panas dan air dingin

Ini faktanya mandi air panas dan dingin. Foto : Viva

Terkini.id, – Mandi merupakan rutinitas harian setiap orang. Mandi menggunakan air panas atau air dingin sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum menentukan pilihan anda, sebaiknya melihat situasi dan kondisi yang sedang anda alami dan pilihan mana yang benar saat kondisi tersebut terjadi. Artinya, anda dapat mengganti preferensi pilihan suhu air mandi tergantung situasi.

Untuk lebih jelasnya, simaklah dampak positif dan negatif dari mandi menggunakan air panas atau dingin yang dilansir dari Detik dan HelloSehat.

1. Mandi Air Panas

Menurut dr. Melissa Piliang, seorang spesialis kulit, suhu air mandi tidak boleh melebihi 44 derajat Celcius. Mandi air panas tidak boleh terlalu lama, hanya boleh 5-10 menit dan anda juga sudah mendapatkan manfaat kesehatannya.

Mandi air panas, suhunya tidak boleh melebihi 44 derajat celcius. Foto : Grid

Manfaat kesehatan dari mandi air panas adalah memperlancar peredaran darah, melemaskan otot-otot yang tegang, kaku, dan nyeri dengan menggerakkan atau memijat sambil mandi air panas, memproduksi hormon oksitosin yang membuat senang dan mengurangi stres atau cemas, juga mencegah insomnia karena air panas membuat seseorang lebih tenang sehingga tidur menjadi berkualitas.

Menarik untuk Anda:

Dampak negatif yang dapat timbul dari mandi air panas adalah menyebabkan kulit kering, pecah, dan gatal-gatal karena air panas mengacaukan kinerja kelenjar minyak di kulit. Selain itu, air panas dapat menyebabkan rambut kering sehingga mudah patah dan bercabang.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengakhiri dengan air dingin setelah keramas menggunakan air panas dan rambut pun menjadi terlihat lebih bercahaya, usahakan perubahan suhunya jangan terlalu ekstrim. Bagi penderita tekanan darah rendah atau hipotensi, disarankan untuk tidak mandi air panas karena bisa menyebabkan tekanan darah drop tiba-tiba.

2. Mandi Air Dingin

Mandi air dingin memang sangat menyegarkan, terutama saat cuaca sedang panas. Menurut dr. Melissa Piliang, suhu air dingin ideal berada pada suhu 21 derajat Celcius. Sebaiknya jangan menggunakan air dengan suhu yang terlalu rendah karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Mandi air dingin suhunya tidak boleh melebihi 21 derajat celcius. Foto : Merdeka

Manfaat yang dapat diterima dari mandi menggunakan air dingin adalah memproduksi hormon norepinefrin yang memicu adrenalin agar membantu pikiran tetap segar, fokus, dan meredakan depresi. Mandi air dingin juga menjaga dan melembapkan kulit, membuat rambut lembut dan bercahaya secara alami, dan meningkatkan daya tahan tubuh karena tubuh memproduksi protein yang dibutuhkan sistem imun saat mandi dengan air bersuhu rendah.

Dampak negatif yang dapat timbul sangatlah berbahaya, yaitu dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang bisa berakibat fatal, terutama apabila pembuluh darah ke jantung atau otak yang tersumbat. Suhu tubuh juga bisa drop tiba-tiba dan menyebabkan hipotermia sehingga denyut nadi melemah.

Intinya, kita harus memperhatikan situasi dan menentukan kebutuhan kita yang paling tepat.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda siap merubah kebiasaan mandi anda?

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

12 Alasan Ini Ingatkan Kita Harus Rutin Minum Air Putih

Calon Vaksin Covid-19 Tahap Uji Klinis, Ini Tahapan Pengembangannya

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar