Fakultas Peternakan Bikin Kantin, Rektor : Model Bhineka Tunggal Ika

Terkini.id, Makassar – Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin menggelar Halal Bi Halal yang dirangkaikan dengan Syukuran dan peresmian aula, kantin, dan showroom produk peternakan, Selasa 26 Juni 2018.

Acara yang dimulai pukul 11.00 ini dihadiri Rektor Unhas dan jajaran pimpinan universitas dan fakultas, mitra-mitra Unhas khususnya mitra Fakultas Peternakan, serta hadir pula jajaran pengurus dan warga Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Cabang Makassar.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Ir. Sudirman Baco mengatakan bahwa acara halal bi halal ini dilakukan karena ada beberapa momentum yang patut disyukuri.

“Selain masih dalam rangka suasana Idulfitri, kita juga mensyukuri keberhasilan meraih akreditasi A untuk prodi magister, kita juga tahun membuka program S3 Ilmu Peternakan. Selain itu, aula fakultas peternakan serta Showroom produk peternakan kita resmikan penggunaannya mulai hari ini,” kata Prof. Sudirman.

Syukuran ini juga berkaitan dengan selesainya peresmian Kantin yang dibangun dengan sumbangan dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Kota Makassar. Kantin berukuran 400 meter persegi ini telah diresmikan secara simbolis oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 23 Juni 2018 lalu.

Dalam ceramah halal bi halal yang disampaikan oleh Drs. Muhammad Tang, MA diuraikan tentang makna halal bihalal dan kebersamaan yang merupakan tema acara.

“Ada kebersamaan yang wajib didahulukan, yaitu kebersamaan dengan Allah. Lalu kebersamaan dengan sesama manusia, yang menjadi pilar habruminanaas. Kehadiran kita hari ini adalah contoh nyata kebersamaan. Bantuan saudara-saudara kita dari marga Tionghoa untuk membangun kantin ini juga contoh kebersamaan,” urai ustad Muhammad Tang.

Ustad Muhammad Tang juga mengingatkan agar tidak merusak kebersamaan dengan perpisahan. “Perpisahan itu adalah racun kebersamaan. Tetaplah saling menyapa, meskipun melalui media sosial. Jangan saling membenci, karena itu dapat memutuskan silaturahmi. Allah membenci orang-orang yang memutuskan silaturrahmi,” tutup penceramah mengakhiri hikmah halal bihalal.

Pada kesempatan itu, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA memberi perhatian pada tema kebersamaan yang diambil oleh panitia pelaksana.

“Seperti yang disebutkan oleh Pak Ustad tadi, kebersamaan dengan saudara-saudara dari marga Tionghoa ini dapat menjadi contoh. Kantin ini kita namakan Kantin Bhinneka Tunggal Ika, sebab ini dapat menjadi model bagaimana keberagaman dapat terjaga berkat adanya kebersamaan,” kata Prof. Dwia.

Bukan hanya itu, Prof. Dwia bahkan ingin agar kantin Bhinneka Tunggal Ika di Fakultas Peternakan Unhas dikelola secara sinergis dengan Microfinance Center yang juga telah diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Kita selama ini mengeluh dengan keberadaan kantin yang kurang memadai. Kantin ini saya harapkan dapat dikelola terintegrasi. Para pedagang yang merupakan kelompok usaha kecil dan menengah akan dihubungkan dengan pusat mikrofinance kita, sehingga mereka akan diberdayakan secara profesionalisme dan permodalan,” kata Prof. Dwia.

Menutupi sambutannya, Prof. Dwia menghimbau agar seluruh civitas akademika dan masyarakat pada umumnya untuk menjaga suasana harmonis dan aman di Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar, terutama menjelang Pilkada serentak besok.

“Mari optimalkan hak pilih kita, manfaatkan dengan baik untuk memilih pemimpin terbaik,” tutup Prof. Dwia.

Acara halal bihalal ditutup dengan penandatanganan prasasti peresmian  Aula Fakultas Peternakan dan Showroom Produk Peternakan, serta diakhiri dengan kunjungan oleh Rektor  dan pimpinan Universitas.

Berita Terkait
Komentar
Terkini