Faldo Maldini Sebut Fadli Zon Jago Retorika dan Pandai Bikin Puisi, Bisa Jadi Pablo Nerudanya Indonesia

Terkini.id – Politikus Gerinda Fadli Zon mendapat banyak kritikan usai sindir Presiden RP Joko Widodo (Jokowi). Staf Khusus Mensesneg, Faldo Maldini menyebut Fadli Zon memiliki skill retorika dan jago bikin puisi seperti Pablo Neruda. Lantas, siapa Pablo Neruda?

Dilansir dari Goodreads via detikcom, Minggu, 14 November 2021, Pablo Neruda merupakan seorang penyair terbesar yang paling berpengaruh di abad ke-20. Banyak karya-karya Pablo Neruda telah diterjemahkan ke banyak bahasa, termasuk ke bahasa Indonesia.

Neruda banyak menulis puisi tentang cinta. Selain itu, Neruda pernah meraih nobel untuk sastra serta penghargaan kontroversial karena aktivis politiknya.

Baca Juga: Kutuk Keras Serangan Israel ke Warga Palestina, Fadli Zon: Ini...

Neruda pada masa hidupnya juga pernah menduduki jabatan diplomatik dan bertugas sebagai senator untuk Partai Komunis Chili. Kemudian ketika di Chilli melarang paham komunisme, surat perintah dikeluarkan untuk penangkapan Neruda, lalu Neruda disembunyikan di rumah bawah tanah rumah temannya hingga akhirnya bisa melarikan diri.

Kemudian di akhir hidupnya, Neruda dirawat di rumah sakit karena kanker. Kematiannya sempat menjadi tanda tanya besar karena sempat dihubungkan dengan pandangan politiknya.

Baca Juga: Kabar Seniman Usul Presiden Jokowi Jadi Bapak Wayang Indonesia, Fadli...

Sebelumnya, Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini mengomentari politikus Gerindra Fadli Zon yang menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal banjir di Sintang, Kalimantan Barat. Menurut Faldo, Fadli memang jago dalam bertutur kata.

“Kalau soal Pak Fadli Zon nyindir-nyindir, ya biasa saja lah. Tokoh oposisi. Anggota DPR amanahnya kan mengkontrol. Selain itu, memang skill retoriknya andalan. Beliau jago bikin puisi, kalau fokus bisa jadi Pablo Neruda-nya Indonesia,” kata Faldo, Sabtu, 13 November 2021.

Namun soal kritik terhadap banjir di Sintang, Faldo menjamin pemerintah hadir. Penanganan bencana di sana berjalan dengan baik meski Presiden Jokowi belum ke sana.

Baca Juga: Kabar Seniman Usul Presiden Jokowi Jadi Bapak Wayang Indonesia, Fadli...

“Soal bencana alam di Sintang, tentu sudah ada badan yang bertindak cepat. BNPB sudah turun dari awal. Kami juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Bantuan-bantuan sudah mulai terdistribusi, tahap satu sudah, yang tahap dua sedang diproses juga, setelah pendataan. Pemerintahan Presiden Jokowi pastikan semua berjalan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Bagikan